Anggota Komisi II DPR Aceh Sulaiman SE mengaku terkejut setelah mendengar kabar bahwa Provinsi Aceh harus impor garam dari Thailand. Bahkan komoditas tersebut termasuk dalam komoditas impor terbesar ke Provinsi ujung barat Indonesia. Dimana berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai impor Provinsi Aceh pada Mei 2020 sebesar US$ 245 ribu.

Di Aceh Barat

Harga Cabai Merah Makin ‘Pedas’

FOTO | SITI AISYAHPedagang cabai merah di Pasar Bina Usaha (PBU) Meulaboh, Aceh Barat.
A A A

ACEH BARAT - Harga cabai merah di Pasar Bina Usaha (PBU) Meulaboh, Aceh Barat mengalami kenaikan sebesar 70 persen menyusul minimnya pasokan yang diterima pedagang selama beberapa hari terakhir.

Salah seorang pedagang, Yakmi kepada wartawan, Rabu, 28 Agustus 2019 mengatakan kenaikan ini terjadi menyusul sedikitnya pasokan lokal yang disuplai ke pasar. Hal tersebut tidak hanya mempengaruhi pada harganya, juga berdampak terhadap permintaan.

"Hari ini, kita jual cabai merah dengan harga Rp80 ribu/kg, yang harga sebelumnya hanya sekitar Rp40-50 ribu/kg. Sementara itu cabai rawit kita jual harga Rp. 70 ribu/kg.

Selain pasokan lokal yang menurun, tambahan komoditas cabai dari daerah lain yang sudah menjadi langganan mereka juga mengalami hal yang sama. Begitu pun harga yang ditampung dari distributor sangat berbeda jauh dengan harga yang biasa pedagang terima, makanya bumbu dapur itu melonjak tinggi.

"Sudah beberapa hari ini kami hanya sedikit mendapat tambahan komoditas cabai dari luar daerah. Karena mahal, hanya sedikit laku. Kebanyakan pembeli mengurangi pembeliannya dari biasanya,"ungkapnya.

Sementara itu, dia menyebutkan, beberapa jenis kebutuhan pokok lainnya seperti bawang merah, bawang putih, tomat mengalami penurunan harganya. Karena pasokannya mencukupi permintaan pasar, sehingga tidak berdampak terhadap harga begitu permintaan konsumen.

"Untuk jenis bawang merah, bawang putih dan tomat yang alami penurunan harganya. Sementara yang lainnya masih tergolong stabil, hanya saja yang melonjak nain terjadi pada cabai merah saja,"tandas Yakmi.

Kontributor:SITI AISYAH
Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...