Piala Afrika 2017:

Hal-hal yang Anda Perlu Tahu

FOTO | REUTERSGaungnya tidak sebesar Copa America, apalagi Piala Eropa. Tapi Piala Afrika kerap menyita perhatian. Untuk edisi 2017,
A A A

JAKARTA — Gaungnya tidak sebesar Copa America, apalagi Piala Eropa. Tapi Piala Afrika kerap menyita perhatian. Untuk edisi 2017, kickoff turnamen dilangusngkan Sabtu (14/1/2017) besok.

Piala Afrika, atau Africa Cup of Nation jika menggunakan nama resminya, untuk tahun 2017 akan digelar mulai 14 Januari sampai 5 Februari. Gabon, yang terletak di barat laut Benua Afrika, dapat kesempatan menggelar pesta sepakbola terbesar di Benua Hitam ini.

Sejatinya Libya yang jadi tuan rumah event ini. Tapi karena negara tersebut masih terdapak perang yang berkecamuk, pada 2014 dibuat keputusan kalau tuan rumah dipindahkan ke Gabon. Gabon pada 2012 lalu menjadi tuan rumah bersama Piala Afrika dengan Equatorial Guinea.

Digelar di awal tahun, Piala Afrika dirasa sering menyusahkan klub-klub Eropa yang harus merelakan pemainnya pergi maksimal sampai satu bulan lamanya. Keterlibatan banyak pemain top yang bermain di Eropa membuat event ini kerap memaksa penggila bola di seluruh dunia memberikan perhatiannya.

Salah satunya adalah Riyad Mahrez. Setelah musim yang luar biasa bersama Leicester City, meraih penghargaan Pemain Terbaik PFA dan jadi pemain Terbaik Afrika 2016, Mahrez kini ditunggu kontribusinya untuk mengantar Aljazair meraih hasil terbaik.

Pemain top lain yang dinantikan penampilan dan golnya adalah Pierre-Emerick Aubameyang, mesin gol utama Borussia Dortmund dalam beberapa musim terakhir. Ada juga Sadio Mane yang jadi salah satu inti kekuatan Liverpool musim ini.

Bagaimana dengan tim unggulan?

Juara bertahan, Pantai Gading, dianggap punya kans besar untuk mempertahankan trofi yang mereka raih di 2015 lalu. Diperkuat Willfried Bony, Eric Bailly, dan Willfried Zaha, membuat Pantai Gading jadi lawan yang diwaspadai.

Punya peluang menggusur Pantai Gading dari takhtanya adalah Senegal. Kembali ke kancah sepakbola internasional sejak 2012, Senegal dinilai menyimpan potensi untuk membuat kejutan. Sadio Mane dan Idrissa Gueye adalah bintang andalan Senegal.

Keberadaan duo Leicester City, Mahrez dan Islam Slimani, di Aljazair membuat mereka juga punya peluang untuk kembali menjuarai Piala Afrika setelah kali terakhir meraihnya di 1990 silam.

Berikut data dan fakta Piala Afrika, dikutip dari AllAfrica:

1. Mesir jadi negara paling sukses di Piala Afrika dengan sudah tujuh kali menjadi juara. Termasuk saat mencatatkan hat-trick dalam selang 2006 sampai 2010. Dua negara tersukses selanjutnya adalah Kamerun dan Ghana dengan masing-masing memiliki empat titel.

2. Ada 14 negara sudah memenangi Piala Afrika. Delapan di antaranya (Aljazair, Kamerun, DR Congo, Mesir, Ghana, Pantai Gading, Maroko, dan Tunisia) akan berada di Gabon.

3. Dalam lima final terakhir Piala Afrika, gol yang tercipta sangat minim. Tiga laga final tuntas 1-0, sementara dua lainnya berkesudahan 0-0. Zambia dan Pantai Gading jadi juara setelah menuntaskan duel via adu penalti.

4. Samuel Eto'o (Kamerun) masih menjadi topskorer sepanjang masa dengan 18 gol dibuat. Sementara gol terbanyak dalam satu turnamen berjumlah sembilan yang dilesakkan Ndaye Mulamba. Gol terbanyak dalam satu pertandingan dilesakkan Laurent Pokou (Pantai Gading) dengan lima gol.

5. Rigobert Song (Kamerun) dan Hossam Hassan (Mesir) menjadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Piala Afrika (masing-masing delapan) dalam selang 1996 dan 2010.

Sumber:sport.detik.com
Rubrik:Sport

Komentar

Loading...