Panwaslu Aceh Barat

H-1 Bersih dari APK

FOTO | AISPenurunan Alat Peraga Kampanye
A A A

ACEH BARAT - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Aceh Barat memastikan menjelang H-1 Pemilihan Umum (Pemilu) yang dilakukan secara serentak bersih dari Alat Peraga Kampanye (APK).

Hal demikian disampaikan Ketua Panwaslu Kabupaten Aceh Barat "Kita pastikan paling lambat besok atau malam sudah bersih," Ungkap Romi Juliansyah, Senin,15 April 2019.

Lebih lanjut Romi Juliasyah menjelaskan, hingga saat ini Panwaslu masih melakukan pembersihan APK di sejumlah tempat di Aceh Barat, penertiban dilakukan karena parpol dari masing-masing Partai belum mencopot Alat Peraga Kampanye yang seharusnya sudah dilakukan dua hari yang lalu.

"Seharusnya ini dilakukan oleh masing-masing partai, namun masih ada beberapa partai yang tidak mematuhi aturan," Ujarnya.
Lebih lanjut Ia mengungkapkan, dalam ketentuan UU No 7 Tahun 2017, dan pasal 34 PKPU No 23 Tahun 2018 pembersihan APK menjadi tanggung jawabnya peserta pemilu sendiri, dan harus sudah dibersihkan paling lambat 1 hari sebelum pemungutan suara, yaitu tanggal 16 April 2019.

"Untuk hari ini kami hanya melakukan pembersihan dibeberapa kecamatan, sebagian di kecamatan Johan Pahlawan dan selebihnya di Kecamatan Samatiga, "ungkapnya.

Sementara malam ini akan disambung pembersihan APK di mulai dari Kecamatan Johan Pahlawan hingga ke kecamatan Meureubo. Keesokan harinya akan dilanjutkan di kecamatan Kaway XVI sampai ke kecamatan Bubon.

Pembersihan ini melibatkan Satpol-PP berjumlah 30 orang, Linmas dari Masing-masing kampung berjumlah 5 orang, kemudian juga melibatkan pihak TNI dan Polri masih-masing 3 orang."Alat-alat peraga yang kami bersihkan, sementara dikumpulkan dikantor Panwaslu, namun setelah pemilihan usai jika ada yang ingin mengambil maka dipersilahkan, "Tambahnya,

Romi berharap dengan adanya pembersihan ini masyarakat dengan tenang memilih presiden dan wakil mereka.

Wartawan:Ais
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...