Anggota Komisi II DPR Aceh Sulaiman SE mengaku terkejut setelah mendengar kabar bahwa Provinsi Aceh harus impor garam dari Thailand. Bahkan komoditas tersebut termasuk dalam komoditas impor terbesar ke Provinsi ujung barat Indonesia. Dimana berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai impor Provinsi Aceh pada Mei 2020 sebesar US$ 245 ribu.

Google Temukan Kerentanan di ponsel Samsung, Oppo dan Xiaomi

REUTERSIlustrasi
A A A

JAKARTA - Tim Google Project Zero kembali mengungkap celah keamanan di platform Android. Kerentanan tersebut mempengaruhi sejumlah ponsel garapan Samsung, Huawei, Oppo, Xiaomi bahkan perangkat buatan Google sendiri.

Juru bicara pengembang Android mengatakan bahwa hacker hanya perlu menginstal aplikasi jahat atau mengeksploitasinya melalui web browser. Jika berhasil, mereka bisa mengambil kendali penuh atas perangkat.

Tim Google Threat Analysis berkeyakinan kerentanan ini telah digunakan atau dijual NSO Grup. Mereka adalah vendor spyware yang berbasis di Israel dan baru-baru ini dikenal namanya karena berhasil menginstal spyware di WhatsApp.

Ketika coba dikonfirmasi akan hal tersebut, pihak NSO Grup membantah mereka memiliki keterlibatan dengan kerentanan ini.

"NSO tidak menjual dan tidak akan pernah menjual kerentanan. Eksploitasi ini tidak ada hubungan dengan NSO; pekerjaan kami difokuskan pada pengembangan produk yang dirancang untuk membantu intelijen berlisensi dan lembaga penegak hukum menyelamatkan nyawa," kata pihak NSO Grup saat diminta tanggapan oleh laman The Verge.

Sejak kerentanan telah dieksploitasi, peneliti keamanan Google hanya memberi waktu tujuh hari kepada tim Android untuk memperbaikinya. Kerentanan pertama kali diungkap tim Android pada 27 September dan diumumkan ke publik pada Sabtu (9/6/2019).

Para peneliti berasumsi bahwa kerentanan serupa telah muncul dan ditambal pada bulan Desember 2017. Tapi tampaknya telah muncul kembali dengan versi terbaru.

Sementara tim Android menganggap masalah kerentanan ini sangat-sangat serius. Karenanya mereka berusaha cepat mengatasinya.

Saat ini patch telah tersedia di Android Common Kernel dan para mitra telah diberitahukan. Kemungkinan perangkat-perangkat yang terpengaruh akan mendapatkan update keamanan pada Oktober ini.

Bicara perangkat yang terkena kerentanan di atas, berikut daftarnya:

Pixel 1

Pixel 1 XL

Pixel 2

Pixel 2 XL

Huawei P20

Xiaomi Redmi 5A

Xiaomi Redmi Note 5

Xiaomi A1

Oppo A3

Moto Z3

Android Oreo LG phones

Samsung Galaxy S7

Samsung Galaxy S8

Samsung Galaxy S9

Sumber:Detik.com
Rubrik:TEKNO

Komentar

Loading...