Mantan Anggota Parlemen RI Ghazali Abbas Adan menyebutkan Wali Nanggroe Memang bukan maqam (neuduek)-nya Malik Mahmud Al Haytar. Dimana seharusnya sosok Wali Nanggroe sebagai pemersatu masyarakat Aceh. Ini disampaikan Ghazali setelah Aktivis Kebudayaan sekaligus Pendiri Institut Peradaban Aceh, Haekal Afifa meminta Wali Nanggroe Aceh menegur dan memperingatkan DPRA terkait polemik yang terjadi dengan Pemerintah Aceh saat ini.

Gempa Bumi di Pidie Jaya Tak Berpotensi Tsunami

NETIlustrasi gempa bumi
A A A

BANDA ACEH - Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro menyebutkan gempa bumi yang terjadi di Pidie Jaya tidak berpotensi Tsunami.

Berdasarkan analisis BMKG, kata Djati dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar sumatera pada Segmen Aceh.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut memiliki mekanisme pergerakan geser," kata Djati kepada wartawan, Kamis (20/8/2020) malam.

Sementara dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Banda Aceh dan Pidie Jaya dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Selain dua daerah itu, gempa bumi juga dirasakan di Nagan Raya, Bener Meriah, Aceh Jaya dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Gempa Bumi Susulan
Hingga pukul 21:30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Seperti diberitakan sebelumnya, analisis BMKG menunjukkan gempa bumi memiliki parameter dengan magnitudo M=5.0 dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.86 LU dan 96.08 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 26 km baratdaya Kabupaten Pidie Jaya pada kedalaman 10 km.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...