Tim Penggerak PKK

Gelar Konferensi Internasional Pendidikan Anak Usia Dini

FOTO | ISTIMEWAWakil Ketua TP PKK Aceh, Dr Ir Dyah Erti Idawati MT, menghadiri internasional Converence on Early Childhood Education (ICECED 2018) yang diselenggarakan oleh TP PKK Aceh Bekerjasama dengan Unsyiah di Anjong Mon Mata Banda Aceh, Senin (3/12/2018)
A A A

ACEH - Tim Penggerak PKK Aceh bekerjasama dengan Universitas Syiah Kuala menggelar Konferensi Internasional Pendidikan Anak Usia Dini bertema Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakteristik Anak serta menghadirkan lima pembicara utama dari dalam dan luar negeri.

Seminar yang berlangsung dua hari dibuka oleh Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng dihadiri oleh 250 peserta baik dari dalam Negeri maupun luar Negeri, di Anjong Mon Mata, Senin (3/12/2018).

Lima pembicara utama yang mengisi konferensi tersebut adalah, Prof Dr H Adanan bin Haji Basar Rais dari Universiti Perguruan Ugama-Brunei Darussalam, Encik Aziz Mohd Yatim dari Sultan Idris Education University-Malaysia, Assoc. Prof Dr Shukree Langputeh dari Fatoni University-Thailand, Petro Alexy dari Konsultan Pendidikan Anak Usia dini Indonesia, dan Assoc. Prof Dr Qismullah Yusuf, Dosen Senior dari Universitas Syiah Kuala, dengan moderator Dr Saifuddin Bantasyam MH.

Wakil Ketua TP PKK Aceh, Dr Ir Dyah Erti Idawati MT mengatakan, konferensi international tersebut merupakan konferensi kedua yang digelar oleh PKK Aceh pada tahun 2018, setelah sebelumnya pada bulan Juni, PKK juga menggelar konferensi pendidikan Inklusif.

Pendidikan Anak Usia Dini kata Dyah merupakan salah satu fokus dan perhatian dari PKK Aceh. Berbagai program telah dilakukan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pendidikan anak usia dini.

"Salah satu Kampanye nasional yang kita lakukan adalah program satu gampong satu PAUD, dimana kita terus mempromosikan pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini kepada masyarakat," kata Dyah.

Untuk mencapai target kata Dyah, PKK bekerjasama dengan berbagai institusi untuk meningkatkan kualitas dan juga partisipasi anak-anak yang ikut dalam Pendidikan Anak Usia Dini.

Peningkatan kualitas guru-guru PAUD menurut Dyah sangat penting, sebab itu, PKK menggelar Konferensi internasional Pendidikan Anak Usia ini dengan mengundang para ahli dibidang tersebut baik dari dalam maupun luar negeri untuk menambah pengetahuan para guru paud dan akademisi yang tertarik dengan pendidikan usia dini.

Dyah juga menyampaikan bahwa ada sekitar 72 makalah berkaitan dengan Pendidikan Anak Usia Dini yang akan di presentasikan oleh peserta konferensi dan akan menjadi salah satu rujukan dalam meningktakann kualitas Pendidkam Anak Usia Dini di Aceh.

Sementara itu, Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Samsul Rizal, M.Eng sangat mengapresiasi TP-PKK Aceh yang telah bekerjasama dengan Unsyiah untuk menggelar Konferensi Internasional yang berkaitan dengan Pendidikan Anak Usia Dini.

Syamsurrizal berharap akan ada konferensi-konferensi internasional lainnya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan Pendidikan Anak Usia Dini yang berkualitas di Aceh. "Harapannya upaya yang dilakukan PKK bisa terwujud," pungkas Prof Samsul Rizal.

Laporan:Mariadi
Kode:47
Rubrik:AcehAceh Besar

Komentar

Loading...