Kementerian Keuangan mencatat utang pemerintah bertambah Rp 1.257 triliun selama tahun 2020. Saat ini, total utang pemerintah tembus Rp 6.074,56 triliun. Hal ini tertuang dalam dokumen APBN KiTa yang diterbitkan Kementerian Keuangan. Mengutip data APBN Kita, Senin (18/1/2020), total utang yang mencapai Rp 6.074,56 triliun itu merupakan posisi Desember 2020. Sementara posisi akhir Januari sebesar Rp 4.817,5 triliun. Dengan begitu utang pemerintah bertambah Rp 1.257 triliun di tahun 2020.

Gawat, Kasus Covid-19 Meningkat Tajam, Plt Gubernur Aceh Instruksikan Bupati/Wali Kota Siaga

ISTIMEWAPlt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, di dampingi Istri Dyah Erti Idawati, Sekda Aceh, Taqwallah, menggelar Rapat Pembahasan Tindak Lanjut Siaga covid-19, bersama SKPA terkait di ruang Rapat Sekda Aceh, Banda Aceh, Kamis , (30/7/2020).
A A A

BANDA ACEH - Gawat, kasus positif covid-19 di Aceh terus meningkat dalam dua hari terakhir. Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Ir H Nova Iriansyah pun telah menginstruksikan bupati/wali kota dan seluruh pimpinan SKPA/SKPK untuk siaga 1.

"Kita harus lebih disiplin lagi menekan kembali kasus covid-19 di Aceh," kata Nova.

Hal itu ditegaskan Nova melalui Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, Kamis (30/7/2020).

"Semuanya harus waspada, dengan meningkatnya kasus covid-19 dalam dua hari ini harus jadi cemeti bagi kita agar kita lebih disiplin lagi," kata Iswanto.

Para pimpinan daerah dan tokoh agama diharapkan terus melakukan sosialisasi dan pengawasan baik dalam kegiatan ibadah salat ied maupun saat penyelenggaraan pemotongan hewan qurban.

"Jadi sehari menjelang lebaran Idul Adha ini, para pimpinan daerah bersama unsur terkait perlu melakukan sosialisasi dan pengawasan untuk memutuskan rantai penularan virus corona," kata Iswanto.

Hari ini 74 orang lagi terinfeksi virus Corona

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Saifullah Abdulgani (SAG) melaporkan jumlah akumulatif Covid-19 berdasarkan rekap data dari 23 kabupaten/kota, per tanggal 29 Juli 2020, pukul 18.00 WIB.

Sampai hari ini, jumlah kasus Covid-19 di Aceh sudah mencapai 312 orang. Rinciannya adalah 206 orang masih dalam perawatan, 94 orang sudah sembuh dan 12 orang dilaporkan meninggal dunia.

"Ada 74 orang lagi korban baru terinfeksi virus Corona hari ini, akubat penularan lokal dari penderita Covid-19 yg konfirmasi positif sebelumnya," kata SAG.

SAG merinci kasus-kasus baru Covid-19 yang dilaporkan hari ini tercatat di pelbagai kabupaten/kota, yaitu: warga Banda Aceh sebanyak, 37 orang, Bener Meriah 11 orang, dan warga Aceh Tamiang 7 orang.

Selanjutnya, warga Aceh Besar 6 orang, Aceh Tenggara 3 orang, Pidie, Lhokseumawe, Langsa, masing-masing 2 orang, Aceh Tengah dan Subulussalam masing-masing 1 orang. Sedangkan sisanya 2 orang dari luar daerah.

"Mereka yang positif Covid-19 tersebut umumnya Orang Tanpa Gejala (OTG), dan menjadi sumber penularan baru virus corona," kata SAG.

Sedangkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di seluruh Aceh secara akumulatif sebanyak 2.341 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.323 orang sudah selesai isolasi mandiri, dan 18 orang dalam pemantauan Tim Gugus Tugas Covid-19.

Sementara jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 139 kasus. Dari jumlah tersebut, 6 PDP dalam perawatan, 131 PDP telah dinyatakan sembuh, dan 2 orang meninggal dunia.

SAG mengajak serta seluruh masyarakat Aceh untuk senantiasa menjaga diri dan keluarga sehingga terhindar dari terpapar covid-19.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...