Angkasa Pura

Gandeng Asita Promosikan Pariwisata Biak

FOTO | KOMPAS.COMTarian Wor ditampilkan dalam acara pembukan Pekan Wisata Munara Wampasi 2012 di Hanggar Cendrawasih Manuhua, Kelurahan Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua,
A A A

BIAK - Manajemen PT Angkasa Pura I Kabupaten Biak Numfor, Papua berencana mengandeng Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Biak dan Dinas Pariwisata Biak untuk membantu mempromosikan obyek wisata dalam menarik kunjungan wisatawan mancanegara ke wilayah itu.

"Beragam keindahan obyek wisata dimiliki Biak sangat berpotensi menarik minat pelancong, ya keindahan alam Biak harus dipromosikan sehingga menarik kunjungan turis ke Pulau Biak," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Frans Kaisiepo, Minggus ET Gundiguai dihubungi di Biak, Rabu (22/2/2017).

Ia mengatakan ketertarikan wisatawan mengunjungi suatu daerah karena akan melihat keindahan alami dan berbagai obyek wisata sejarah peninggalan Biak.

Upaya menarik kunjungan wisatawan ke Biak, menurut Minggus, perlu dilakukan bersama antara pemerintah daerah, BUMN, pelaku usaha pariwisata hingga masyarakat adat.

Minggus mencontohkan, saat berkunjung ke salah satu obyek wisata di Vietnam keterlibatan masyarakat lokal dalam mengelola pariwisata sangat nyata.

Warga lokal yang sudah dibekali pengetahuan tentang sejarah tempat wisata, kemampuan bahasa Inggris serta mampu memandu setiap turis yang berkunjung.

Angkasa Pura I Biak, lanjut Minggus, sejak tahun 2016 telah menempatkan putra-putri asli Papua sebagai petugas duta pariwisata kawasan Bandara Frans Kaisiepo.

"Duta pariwisata Bandara Frans Kaisiepo Biak akan memberikan informasi kepada penumpang menyangkut tempat tujuan wisata di wilayah Biak," ungkapnya.

Minggus mengakui, sebagai duta pariwisata yang ditempatkan di areal Bandara Frans Kaisiepo harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris serta mempunyai wawasan informasi tentang kepariwisataan di Provinsi Papua.

Minggus berharap, dengan adanya tenaga duta pariwisata bandara diharapkan ikut membantu Pemkab Biak dan dinas pariwisata untuk mempromosikan potensi pariwisata di Biak dan sekitarnya.

Jajaran manajemen PT Angkasa Pura I Bandara Frans Kaisiepo Biak, lanjut Minggus, sangat berkomitmen mendukung promosi sektor pariwisata di Kabupaten Biak Numfor dengan menempatkan duta pariwisata daerah.

"Bandara Biak merupakan pintu masuk ke wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat sehingga perlu disiapkan tenaga khusus duta pariwisata," demikian Minggus.

Hingga Rabu duta pariwisata di Bandara Frans Kaisiepo terlihat memberikan informasi kepada penumpang yang tiba dan berangkat tentang obyek wisata dimiliki Kabupaten Biak Numfor.

Sumber:kompas.com
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...