Foto Asli Cut Meutia Belum Ditemukan

FOTO | IstimewaLukisan Cut Meutia
A A A

BANDA ACEH — Dalam buku sejarah yang ditulis seorang mantan perwira Belanda bernama Zendraf, dijelaskan bahwa sosok Cut Meutia adalah wanita yang taat dan memegang nilai-nilai agama. Namun foto asli tentang sosok Cut Meutia mengenakan  jilbab atau tidak hingga saat ini belum didapatkan.

Hal itu disampaikan Haikal Afifa, Diretur Institut Peradaban Aceh dalam diskusi Hijab Untuk Cut Mutia, Selasa 27 Desember 2016, di 3 in 1 Coffe, Lampineung, Banda Aceh.

Haikal menjelaskan, bukti sejarah yang ditemukannya melalui buku-buku tentang Aceh seperti History at Aceh, General Suart Pasificator Aceh yang ditulis oleh Du Koor, disebutkan Cut Mutia adalah perempuan yang memegang teguh nilai-nilai agama islam.

“Jelas bahwa Cut Mutia adalah perempuan yang muslimah,  beberapa kutipan yang say baca tenang Cut Meutia dijelaskan bahwa ia adalah sosok muslimah sejati yang taat dengan aturan islam,” kata Haikal.

Sementara itu, permasalahan tentang foto Cut Mutia yang digunakan pada uang baru pecahan seribu rupiah yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia,  itu bukanlah foto Cut Meutia. Pasalnya kata Afifa, tidak ada potret asli Cut Mutia yang beredar.

“Kalau didalam tulisan yang saya temukan jelas ditulis bahwa sosok Cut Mutia adalah wanita muslimah dan ia mengenakan penutup kepala. Namun untuk bukti asli foto ia mengenakan jilbab atau tidak hingga saat ini belum ada foto asli yang menjelaskan tentang hal itu,” tuturnya.

Selain itu, Afifa menambahkan, ketika masa penjajahan melawan Belanda, hampir 90 persen wanita tidak menggunakan hijab melainkan mereka menutup autratnya menggunakan ija sawak atau selendang yang dijadikan untuk kain penutup kepala.

Sumber:mediaaceh.co
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...