Sembilan warga Aceh Selatan dilaporkan positif COVID-19 setelah dilakukan uji swab yang dikirim dari Balitbangkes Aceh ke Jakarta. Direktur RSDYA dr Erizaldi MKes SpOg menyampaikan sembilan warga Aceh Selatan yang positif terdiri S (46), l (45),N (46), G (12), A (35), D (25), T (42), M (5), R (24) "Swab secara mandiri yang dilakukan RSUDYA lalu simpelnya dikirim litbankes Aceh, berhubung alat itu sekali pakai sudah habis lalu dikirim ke jakarta hasilnya positif covid 19, ”kata Direktur dr Erizaldi, Minggu (9/8/2020).

Forkopimda Instruksikan Shalat Idul Adha Pakai Masker

HUMAS PEMKO BANDA ACEHWali Kota Banda Aceh Aminullah Usman saat memimpin rapat koordinasi dengan unsur Forkopimda dan jajaran pejabat terkait
A A A

BANDA ACEH– Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banda Aceh mengimbau warga untuk memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 saat pelaksanaan ibadah salat Idul Adha 1441 H.

Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman saat memimpin rapat koordinasi dengan unsur Forkopimda dan jajaran pejabat terkait di lingkungan Pemko Banda Aceh, Rabu (29/7/2020), di pendopo.

Setelah mendengar masukan dari seluruh unsur Forkopimda dan pemaparan dari kepala SKPK terkait, disepakati bahwa pelaksanaan salat hari raya Idul Adha 1441 H tetap dilaksanakan sesuai protokol kesehatan.

“Kita tadi sudah sepakat mengimbau penyelenggara ibadah salat idul adha di masjid untuk menerapkan protokol kesehatan dan mewajibkan kepada jemaah untuk memakai masker,” katanya.

Secara khusus, wali kota Aminullah mengin­struksikan seluruh camat agar men­goordinir dan bersama-sama dengan keuchik untuk memastikan kebersihan masjid, “Dan melakukan penyemprotan disinfektan sebelum pelaksanaan ibadah salat.”

Lanjutnya, para penyelenggara juga wajib menyediakan fasilitas cuci tangan, sabun, dan hand sanitizer. “Selain itu, juga pengecekan suhu tubuh di pintu masuk lokasi salat,” katanya.

Ia turut mengimbau jemaah salat agar membawa perlengkapan salat masing masing dari rumah. “Hindari pula kontak fisik selama di masjid, serta pelaksanaan kutbah dipersingkat tanpa mengurangi syarat dan hukumnya salat idul adha,” demikian Aminullah Usman.

Rubrik:BANDA ACEH

Komentar

Loading...