Akibat Perubahan Cuaca,

Flu dan Penyakit Sering Menyerang di Musim Hujan

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

BANYAK dari kita jatuh sakit saat musim hujan. Flu merupakan penyakit yang paling sering dialami oleh seseorang yang tentu sangat mengganggu.

Sebagian besar penyebab flu yakni karena saat musim hujan terjadi perubahan cuaca mendadak, yang menyebabkan suhu tubuh terganggu. Pada saat cuaca lembab sangat mudah menyebabkan sistem kekebalan tubuh terganggu.

Hal itu membuat tubuh kita menjadi lemah dan gampang sakit. Anda mudah mengalami pilek, batuk, hingga sakit tenggorokan. Padahal kita tidak menginginkannya karena dapat mengganggu aktivitas. Juga, tubuh Anda akan merasa tidak nyaman karena terpapar virus.

Flu juga disebabkan karena virus influenza yang sebenarnya dapat dicegah dengan vaksin. Tak hanya itu, selama musim hujan, Anda akan terasa lemah dan kedinginan. Itulah ciri-ciri awal Anda mengalami flu.

Pada kasus berat, flu juga disertai demam. Apalagi kalau terjadi perubahan suhu tubuh setelah kehujanan. Saat keluar rumah, virus influenza ada di mana-mana.

Jika tubuh Anda terpapar virua flu, dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Tentu itulah yang menyebabkan Anda sakit dan tak nyaman karena hidung tersumbat.

Agar terhindar, ada cara mudah untuk mencegahnya dari penyakit flu. Apa saja yang harus Anda lakukan. Dilansir Zeenews, Sabtu (7/10/2017), berikut paparannya.

- Usai kehujanan konsumsilah makanan hangat atau yang berkuah. Seperti sup sayuran, bakso, soto, atau jenis makanan berkuah lainnya untuk menghangatkan tubuh.

- Saat musim hujan, cuaca jadi tak menentu. Kadang panas dan kadang dingin. Cara menjaga kekebalan tubuh yakni Anda harus banyak minum air putih dan cairan lainnya seperti jus buah yang kaya antioksidan.

- Jangan minum alkohol atau kafein selama musim hujan. Kedua jenis minuman tersebut cepat menyebabkan Anda mengalami dehidrasi.

- Tingkatkan asupan vitamin C untuk Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, seperti makan jeruk, minum air lemon dan mengonsumsi sayuran lainnya yang mengandung vitamin C. Cara ini dapat meningkatkan antibodi tubuh yang dapat mencegah sakit.

- Hindari makanan dingin atau minum es selama musim hujan. Bagi yang tidak tahan, Anda dapat mengalami iritasi tenggorokan, sehingga memicu sakit tenggorokan.

- Minumlah air putih yang sudah dimasak sampai mendidih. Cara ini dapat mencegah penularan bakteri dan virus dari air minum yang mudah menginfeksi Anda.

- Jangan lupa makan sayur dan buah yang kaya serat dan sumber antioksidan. Kedua bahan tersebut tak boleh dilewatkan dalam piring makan Anda. Dijamin, Anda terhindar dari berbagai sumber penyakit yang menyerang di musim hujan.

- Lakukan olahraga yang cukup dan teratur untuk menjaga kebugaran tubuh. Di musim hujan, tubuh Anda mudah lemah dan terserang penyakit seperti flu.

- Tidur cukup setiap malam kurang lebih selama 6-8 jam. Langkah ini dapat mengatasi kelelahan dan gangguan tidur yang menyebabkan gangguan metabolisme tubuh dan menurunkan imunitas.

- Sedia payung dan jas hujan saat bepergian. Jangan biarkan tubuh Anda sakit dan membuat Anda merasa sangat tidak nyaman karena pakaian basah kuyup saat hujan. Apalagi kalau beraktivitas, seperti sekolah atau bekerja.

- Mandilah air hangat saat cuaca dingin. Jangan biarkan tubuh Anda kedinginan dan mengalami gangguan lainnya. Jaga kesehatan tubuh selama musim hujan, karena rentan menderita penyakit yang fatal.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...