Fitur Ponsel Lawas

Fitur Ponsel yang Tak Lagi Muncul Saat Ini

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

JAKARTA - Produsen telah menanggalkan fitur-fitur lawas untuk ponsel keluaran terkini. Diambil dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fitur ponsel lawas yang telah menjadi kenangan.

Baterai yang Tidak Dapat Dilepas
Kebanyakan desain smartphone saat ini mengusung desain unibody di mana casing belakang maupun baterainya tidak dapat pengguna lepas. Keunggulan yang diberikan desain unibody ini adalah mempercantik body ponsel dan beberapa smartphone dengan desain ini dapat menerapkan perlindungan anti air.

Namun kekurangannya adalah pengguna tidak dapat melepas baterai saat smartphone sedang mengalami ‘hank’ atau saat pengguna ingin mengganti baterai saat rusak.

Transmiter FM Radio
Smartphone saat ini sangat mengandalkan jaringan internet untuk mengakomodasi segala hal di dalam smartphone. Tidak terkecuali dengan fitur Radionya. Smartphone yang hadir baru-baru ini meninggalkan fitur FM Radio, sehingga pengguna diharuskan melakukan streaming untuk dapat mendengarkan siaran radio.

Keyboard QWERTY
Keyboard QWERTY sempat ‘booming’ saat Blackberry mulai merajai pasar. Setelah itu beberapa smartphone dengan sistem operasi Android masih membawa fitur keyboard QWERTY pada smartphone mereka dengan konsep ‘slider’.

Namun smartphone terbaru saat ini sudah meninggalkan fitur tersebut. Smartphone terbaru kini lebih fokus pada bagian layarnya untuk mengakomodasi input pengetikan.

Navigasi Trackball / Trackpad
Blackberry hadir dengan membawa keyboard Qwerty dan juga navigasi trackball. Namun navigasi trackball ini mudah sekali “error” dikarenakan mudahnya debu masuk ke dalam trackball sehingga trackball menjadi kotor dan sulit digunakan.

Blackberry melakukan perubahan dengan menghadirkan navigasi trackpad seperti yang ada pada laptop namun berukuran lebih kecil. Namun inovasi ini tidak berlangsung lama hingga layar sentuh menggantikan tugasnya hingga kini.

Built-in Projector
Beberapa smartphone lawas saat itu hadir dengan membawa fitur Built-in Projector untuk mendukung kebutuhan presentasi penggunanya. Smartphone tersebut dapat membuat penggunanya tidak perlu menggunakan proyektor karena dapat langsung menampilkan “bahan” presentasi mereka langsung via smartphone.
Namun fitur ini sudah tidak dihadirkan pada smartphone baru-baru ini karena dirasa tidak lagi digunakan oleh banyak pengguna smartphone.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Teknologi

Komentar

Loading...