Pertama Kali

Dua Wanita Muslim Terpilih Jadi Anggota Kongres AS

FOTO | ISTIMEWARashida Tlaib dari Michigan dan Ilhan Omar dari Minnesota, membuat sejarah dengan menang dalam pemilu sela Amerika Serikat (AS).
A A A

WASHINGTON - Rashida Tlaib dari Michigan dan Ilhan Omar dari Minnesota, membuat sejarah dengan menang dalam pemilu sela Amerika Serikat (AS). Keduanya menjadi wanita Muslim pertama yang terpilih menjadi anggota Kongres AS.

Tlaib memenangkan kursi kongres untuk distrik 13 Michigan, setelah mantan Perwakilan John Conyers tiba-tiba mengundurkan diri usai didera tuduhan pelecehan seksual, meninggalkan kursi kosong.

Wanita ketururan Palestina itu maju menjadi anggota Kongres di bawah bendera Partai Demokrat. Tanpa adanya lawan dari Partai Republik, Tlaib mengalahkan Etta Wilcoxon dari Partai Hijau dan Sam Johnson dari Partai Kelas Pekerja.

"Mengapa saya mencalonkan diri? Karena ini adalah tentang memilih juri untuk mendakwa Presiden AS dan saya akan menjadi seorang juri yang keras," kata Tlaib, seperti dilansir Andalu Agency pada Rabu (7/11).

Sementara itu, Omar menang di distrik ke-5 Minnesota, yang sebelumnya dipegang oleh politisi Partai Republik, Keith Ellison, yang merupakan Muslim pertama yang duduk di Kongres. Ellison tidak mencalonkan diri untuk pemilihan kembali ketika ia mengincar jabatan Jaksa Agung wilayah.

Omar, seorang Demokrat lainnya, adalah seorang Somali-Amerika yang datang ke AS lebih dari dua dekade lalu sebagai pengungsi. Dia mengalahkan kandidat Partai Republik Jennifer Zielinski dan menjadi wanita Kongres pertama yang mengenakan jilbab.

Tahun ini, 90 orang politisi Muslim maju dalam pemilu sela. Menurut Jetpac, sebuah organisasi yang membantu umat Muslim mencalonkan diri untuk jabatan politik, ini adalah jumlah tertinggi sejak serangan 11 September 2001.

Kode:47
Sumber:sindonews.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...