Staf Diplomatik AS Dipangkas,

Donald Trump: Terima Kasih Putin

FOTO | ISTIMEWAPresiden AS Donald Trump mengucapkan terima kasih kepada Presiden Rusia Vladimir Putin karena memangkas staf diplomatik di Moskow.
A A A

Saya sangat bersyukur bahwa dia mengurangi sebagian besar staf karena sekarang kita memiliki gaji yang lebih rendah,

Donald Trump Presiden Amerika Serikat

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengucapkan terima kasih kepada Presiden Rusia Vladimir Putin karena memerintahkan Washington untuk memangkas staf diplomatiknya. Pernyataan ini diyakini akan memantik kritik terkait cara Trump menghadapi Putin.

"Saya sangat bersyukur bahwa dia mengurangi sebagian besar staf karena sekarang kita memiliki gaji yang lebih rendah," katanya seperti dikutip dari Reuters, Jumat (11/8/2017).

"Tidak ada alasan nyata bagi mereka untuk kembali dan kita akan menghemat banyak uang," imbuhnya menanggapi gaya Perang Dingin Putin, berbeda dengan reaksi presiden lain dalam situasi yang sama di masa lalu.

Sikap ini juga berbenturan dengan pejabat Departemen Luar Negeri yang telah menyebut perintah Moskow sebagai tindakan yang disesalkan dan tidak beralasan.

Departemen Luar Negeri sendiri tidak memiliki reaksi langsung terhadap komentar Trump.

Sebelumnya, AS telah menjatuhkan sanksi baru terhadap Rusia. Sanksi diberikan karena Rusia dianggap telah ikut campur dalam pemilu presiden AS pada 2016 lalu yang dimenangkan oleh Trump.

Putin pun bereaksi dengan memerintahkan Washington untuk memotong 755 dari 1.200 staf kedutaan dan konsulatnya pada bulan September. Banyak dari mereka yang terkena dampak itu kemungkinan adalah staf Rusia setempat.

 

Kode:47
Sumber:sindonews.com
Rubrik:Internasional

Komentar

Loading...