DK PBB Dukung Gencatan Senjara Suriah

FOTO | IstimewaPersatuan Bangsa-Bangsa
A A A

NEW YORK - Dewan Keamanan (DK) PBB menyambut gencatan senjata dalam perang sipil di Suriah. Namun, kelompok pemberontak mengancaman akan membatalkan gencatan senjata yang telah berlangsung selama dua hari jika terus terjadi pelanggaran.

DK PBB mengeluarkan resolusi mendukung gencatan senjata yang diadopsi dengan suara bulat oleh 15 anggota yang melakukan pertemuan di New York. Ini adalah gencatan senjata ketiga tahun ini dalam usaha untuk mengakhiri perang yang telah berlangsung hampir selama enam tahun seperti dikutip dari Reuters, Minggu (1/1/2017).

Kesepakatan yang ditengahai oleh Rusia dan Turki ini sepakat untuk mengurangi kekerasan, meski baku tembak, serangan udara, dan pemboman terjadi di beberapa daerah.

Faksi Tentara Suriah Bebas (FSA) mengatakan pasukan pemerintah dan pejuang Hizbullah Lebanon, yang didukung Iran, telah berusaha untuk mendorong pemberontak kembali lembah Wadi Barada barat laut Damaskus.

"Pelanggaran lanjutan yang dilakukan oleh rezim dan pemboman serta upaya untuk menyerang daerah-daerah di bawah kendali faksi revolusioner akan membuat perjanjian batal demi hukum," bunyi pernyataan yang ditandatangani oleh sejumlah kelompok pemberontak.

Sumber:sindonews.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...