Presiden Joko Widodo

Direncanakan Buka Sail Sabang

FOTO | ISTIMEWAPresiden Joko Widodo
A A A

SABANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan membuka Sail Indonesia ke-5 di Sabang, Aceh, 1 hingga 7 Desember 2017.

"Bapak Presiden Jokowi direncanakan akan membuka langsung Sail Sabang," kata Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) Fauzi Husin di Pelabuhan Balohan Sabang.

Kepala BPKS Sabang mengatakan, Ketua Umum Sail Indonesia di Sabang, 1 sampai dengan 7 Desember langsung dijabat oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Ketua Hariannya Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizki Ratman.

"Sail Indonesia ini agenda tahunan nasional, karena diselenggarakan di Sabang disebutnya Sail Sabang dan Ketua Umumnya Bapak Menteri Pariwisata dan Ketua Harian Bapak Dadang dari Kementerian Pariwisata," sebut Fauzi.

Ia juga menyampaikan, pelaksanaan Sail Sabang ini merupakan kesempatan untuk mempromosikan potensi wisata yang dimiliki kepulauan paling ujung barat Indonesia ke mancanegara.

"Semua persiapan Sail Sabang sudah didiskusikan dengan matang baik dengan Pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata, Pemerintah Aceh serta Pemerintah kota Sabang. Dan kita berharap peran aktif semua pihak menyukseskan agenda tahunan nasional ini untuk mempromosikan industri pariwisata Sabang ke mancanegara," harapnya.

Sail Indonesia sebelumnya diadakan di Morotai, Maluku Utara tahun 2012, Komodo, Nusa Tenggara Timur tahun 2013, Raja Ampat, Papua Barat tahun 2014, dan Sail Tomini, Sulawesi Tengah, Oktober 2015 dan tanggal 1 sampai dengan 7 Desember 2017 akan berlangsung di Sabang, Aceh.

Sebelumnya, Penasihat Kementerian Pariwisata Dwisuryo Indroyono mengharapkan Pemerintah Kota Sabang segera menginventarisasi berbagai fasilitas umum untuk persiapan iven tersebut.

"Diperkirakan ribuan wisatawan asing dan domestik akan hadir pada Sail Indonesia di Sabang dan kita harus benar-benar siap menyambut lonjakan kunjungan wisatawan kapan saja," katanya.

Indroyono juga menambahkan, Pemerintah Pusat sudah mendukung penuh Sail Sabang dan ini kesempatan bagi pemerintah daerah serta para pelaku usaha industri pariwisata untuk mendorong peningkatkan kunjungan para wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik.

"Sail Sabang ini dapat mendorong percepatan pertumbuhan industri pariwisata di pulau paling ujung barat Indonesia," ujar Penasihat Kementerian Pariwisata itu ketika berkunjung ke Sabang.

Sumber:ANTARA
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...