Himne Aceh

Dipersiapkan untuk Pengibaran Bendera Aceh

FOTO | ISTIMEWA.
A A A

BANDA ACEH - Sejumlah peserta sanyembara Himne Aceh menyampaikan presentasinya serta mendemontrasikan lagu yang telah mereka kirimkan kepada panitia di DPR Aceh, Senin (27/11/2017).

Lagu-lagu tersebut ada yang langsung mereka nyanyikan dihadapan dewan juri, ada juga yang memutar rekaman. Peserta juga terlihat beragam, tidak hanya dari Aceh tetapi juga dari luar Aceh.

Ketua Steering Commite (SC) Sayembara Himne Aceh, Abdullah Saleh, menyebutkan ada sebanyak 82 karya yang akan dinilai oleh 15 orang Juri yang telah ditunjuk oleh DPR Aceh. Pihaknya diakui Abdullah saleh tidak akan melakukan intervensi terhadap proses penilaian.

“Panitia secara bulat menyerahkan penilaian kepada juri tanpa bisa diintervensi oleh siapapun, termasuk kami di DPR Aceh, karena dewan juri juga punya kapasitas di bidang masing-masing,”ujarnya.

Ia menyebutkan, materi Himne Aceh yang disanyembarakan murni karya baru dari para peserta, bukan hasil saduran maupun karya cipta lagu lain yang pernah ada sebelumnya.

“Materi Himne Aceh tidak mengandung unsur SARA dan tidak melanggar batasan etika yang berlaku, tapi materi Himne Aceh harus berupa ungkapan rasa syukur masyarakat Aceh atas limpahan rahmat Allah swt dan bedurasi sekitar tujuh menit,”tambahnya.

Sementara itu wakil ketua DPR Aceh Sulaiman Abda saat membuka kegiatan menyebutkan, peraturan lebih lanjut tentang Himne Aceh akan diatur lebih lanjut dalam qanun Aceh yang saat ini sedang dibahas di DPR Aceh.

Ia berharap melalui sanyembara tersebut lahir Himne yang mampu membuat pengibaran bendera Aceh bisa dilakukan dengan penuh hikmat dalam peringatan hari- hari besar Aceh.

“Kami berharap kepada dewan juri untuk melakukan penialian sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Kami berharap agar peserta untuk mempersembahkan karyanya secara maksimal sehingga pengibaran bendera Aceh nantinya bisa dilakukan dengan hikmat,”ujarnya.

Kode:47
Sumber:antero
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...