Enam Ramuan Jamu

Dipercaya Bisa Membuat Awet Muda

FOTO | ShutterstockIlustrasi
A A A

DI tengah perkembangan industri kecantikan masih banyak perempuan yang memilih perawatan alami untuk membuat dirinya tampak awet muda. Salah satunya adalah rutin meminum jamu awet enom atau jamu awet muda. Jamu ini bisa ditemukan dengan mudah di penjual jamu keliling atau dibuat sendiri.

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa jamu yang dipercaya bisa membuat seseorang tampak awet muda.

Sirih
Herbal yang satu ini mengandung minyak atsirinya seperti chavicol dan betlephenol yang berfungsi sebagai antijamur, antioksidasi, dan antikuman. Untuk membuat kulit tampak sehat, bersih, dan segar, minumlah rebusan daun sirih secara rutin. Cara lain yang bisa dilakukan adalah menumbuk 4-6 lembar daun sirih segar yang telah dibersihkan hingga halus. Kemudian gunakan tumbukan tersebut sebagai bedak kompres.

Air jahe
Banyak masyarakat yang suka meminum air jahe karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Air jahe juga dapat merangsang selaput lendir perut besar dan usus. Hal itu berdampak pada metabolisme tubuh yang lebih baik dan membuat seseorang tampak awet muda dari dalam.

Sambiloto
Jamu sambiloto dipercaya sebagai penghambat penuaan karena mengandung andrografin, androfolit (zat pahit), dan panikulin yang merupakan antibiotika alami. Zat-zat tersebut membantu mengurangi risiko penuaan kulit dan menjaga fungsi organ tubuh dari efek radikal bebas. Ekstrak sambiloto dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi yang menurunkan kualitas organ dalam seperti jaringan kulit.

Kunyit asam
Jamu yang satu ini memang banyak dikonsumsi oleh perempuan. Kunyit mengandung minyak atsiri, kurkuminoid, protein, fosfor, kalium, besi, dan vitamin C. Kunyit dapat membuat kulit lebih berseri sehinga seseorang tampak lebih segar dan awet muda. Selain untuk kecantikan, jamu kunyit asam juga memiliki khasiat memperlancar menstruasi.

Kencur
Jamu yang mengandung kencur digadang-gadang sebagai pelangsing alami. Kencur mengandung minyak atsiri yang baik untuk menangkal radikal bebas sehingga bisa mencegah penuaan dini. Umumnya sebagai ramuan awet muda kencur dibuat jamu bersama dengan gula aren.

Sinom
Ini adalah jenis jamu yang biasanya diminum sehabis pahiton. Jamu sinom terbuat dari daun asam jawa muda, temulawak, kunyit, kayu manis, kapulaga, dan gula merah. Jamu ini dapat membuat badan lebih segar dan membantu proses detoksifikasi. Racun yang dibuang dari dalam tubuh membuat kulit lebih bersinar dan bebas dari jerawat.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...