Masyarakat

Dipandang Ingin Pertarungan Ulang Jokowi-Prabowo di Pemilu 2019

FOTO | ANTARAJoko Widodo dan Prabowo Subianto
A A A
Bisa saja terjadi namun saat ini masyarakat lebih melihat pertarungan Pilpres 2019 sama seperti pertarungan Pilpres 2014 lalu, yang diikuti oleh dua paslon saja. Artinya hingga saat ini belum ada calon potensial yang bisa mengimbangi suara Joko Widodo dan Prabowo Subianto,

JAKARTA - Hingga saat ini belum ada calon presiden yang mampu menyaingi tingkat keterpilihan Joko Widodo. Dari calon yang ada, hanya Prabowo Subianto yang memiliki tingkat keterpilihan yang mampu menyaingi Jokowi. Itupun masih terpaut cukup jauh dengan tingkat keterpilihan Jokowi.

Peneliti Populi Center, Nona Evita, menilai, saat ini kebanyakan masyarakat lebih menghendaki pertarungan ulang antara kubu Jokowi dengan Prabowo seperti yang terjadi di Pemilu 2014 lalu.

Namun demikian, diakui, tetap tidak tertutup kemungkinan ada kubu ketiga yang ingin menantang Jokowi dan Prabowo dalam Pemilu 2019 mendatang. Koalisi bisa saja terbentuk dari poros PKB, PAN dan Demokrat.

"Bisa saja terjadi namun saat ini masyarakat lebih melihat pertarungan Pilpres 2019 sama seperti pertarungan Pilpres 2014 lalu, yang diikuti oleh dua paslon saja. Artinya hingga saat ini belum ada calon potensial yang bisa mengimbangi suara Joko Widodo dan Prabowo Subianto," kata Nona Evita, Senin (5/3) di Jakarta.

Menurutnya, meskipun sejumlah nama sudah beredar namun tetap dua persentase tertinggi didapat oleh Jokowi dan Prabowo. Sisanya di elektabilitas top of mind, selain Jokowi dan Prabowo angkanya bahkan di bawah satu persen.

Dari hasil survei yang pernah dilakukan, sampai saat ini masyarakat juga belum melihat adanya calon kuat selain nama Jokowi dan Prabowo yang didukung oleh kekuatan partai politik peserta pemilu 2019.

"Sah-sah saja untuk mewacanakan poros ketiga. Namun, hingga saat ini masyarakat belum melihat ada calon yang potensial untuk dimajukan sebagai poros ketiga," ucapnya.

Kode:47
Sumber:beritasatu.com
Rubrik:Nasional

Komentar

Loading...