Aliansi Mahasiswa Aceh (AMA) kembali medesak Plt Gubernur untuk mempublikasikan penggunaan anggaran hasil refocusing maupun BTT dalam APBA 2020. AMA mengaku tidak berhenti menyuarakan hal tersebut sebelum tuntuntan mareka terpenuhi. Aliansi Mahasiswa Aceh memandang ada hal urgensi saat ini yang harus diprioritaskan oleh Pemerintah Aceh selama masa Pandemi COVID -19, seperti sektor kesehatan, pendidikan maupun sektor ekonomi.

Bidan Sukarela Terima Penghargaan

Dinkes Aceh Utara Adakan Pengobatan Gratis di Daerah Terpencil

BULKHAINIKadinkes Aceh Utara Amir Syarifuddin, SKM memberikan penghargaan kepada Bidan Sukarela
A A A

ACEH UTARA- Dinas Kesehatan Aceh Utara melakukan pengobatan gratis kepada masyarakat di daerah terpencil, tepatnya di Dusun Jabal Antara Gampong Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara.

Adapun pengobatan gratis yang dilakukan diantaranya, pengobatan umum, pemeriksaan gigi dan mulut, penyeluhan kesehatan, pemberian Hygine Kit, pemberian PMT Bumil, Balita dan manula.

Selain pengobatan gratis, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara Amir Syarifuddin SKM juga melaunching posyandu "Keluarga Bungong Kupi" dan pemberian penghargaan kepada tenaga Bidan Sukarela di Dusun Jabal Antara. Kamis (13/8/2020).

Kepala Puskesmas Nisam Antara Nur Lina Kusuma SKeb dalam sambutannya menyampaikan bahwa Dusun Jabal Antara merupakan dusun yang sangat terpencil yang berbatasan dengan Bener Meriah.

"Di dusun Jabal Antara jumlah penduduk 242 jiwa dengan jumlah Kartu Keluarga (KK) 65 dan berdasarkan survei tim kesehatan, kasus penyakit tidak menular sangat tinggi, seperti penyakit hipertensi,"ungkap Nur Lina.

Pemeriksaan kesehatan

Kemudian, jelas Nur Lina, di dusun antara juga rendahnya cakupan imunisasi dan sulitnya akses layanan kesehatan.

"Maka kedepan kita akan berupaya melakukan pelayanan kesehatan terintegrasi melalui pelayanan posyandu keluarga untuk terobosan dalam menanggulangi masalah kesehatan melalui pendekatan keluarga,”ujar Nur Lina.

Dikatakan Nur Lina, kedepan program utama yang akan dilakukan yaitu posyandu dan integrasi program yaitu konseling remaja, penyuluhan kesehatan, pembinaan keluarga sehat, ketahanan pangan yang melibatkan lintas sektor.

Foto bersama

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara Amir Syarifuddin SKM dalam sambutannya menyatakan bahwa Kesehatan bukan milik dirinya, tetapi kesehatan milik bersama.

"Kesehatan itu bisa berhasil karena dukungan penuh dari masyarakat Aceh Utara khususnya masyarakat Dusun Jabal Antara,"kata Amir Syarifuddin.

Dalam kesempatan itu, Amir Syarifuddin juga menyerahkan penghargaan secara simbolis untuk Cut Fajriana Amd Keb tenaga bidan sukarela di Dusun Jabal Antara Gampong Alie Dua Nisam Antara.

“Plakat serta sertifikat ini merupakan usaha keras (Cut Fajriana) yang sudah membantu masyarakat Dusun Jabal Antara dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,"pungkas Amir Syarifuddin.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara Amir Syarifuddin SKM turut didampingi Sekdis Kesehatan, Zulfitri M.Kes, Kabid Yankes Ners Mahzar, Kabid P2PL Dr Ferianto, Kabid Kesmas Samsul Bahri, para kepala puskesmas dan Muspika Nisam Antara.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...