Pilkada 2017

Difabel Aceh Barat Ikuti Sosialisasi Pilkada

FOTO | ISTIMEWAPenyandang disabilitas
A A A

ACEH BARAT - Sebanyak 30 penyandang disabilitas di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh mengikuti sosialisasi pilkada yang diselenggarakan oleh The Aceh Institut guna meningkatkan partisipasi pemilih pada 15 Februari 2017.

Manager Analisis The Aceh Institut, Isma Ramadhani, di Meulaboh, Rabu, mengatakan, kegiatan diberi nama "Meudrah Pilkada 2017" itu untuk mempertemuan beberapa kelompok lain yang juga memiliki hak yang sama menentukan hak pilihnya.

"Kami ingin menyampaikan dan memperkenalkan kepada difabel ini bahwa mereka memiliki hak yang sama seperti orang lain pada pemilu. Alhamdulillah hari ini kita mempertemukan mereka dengan penyelenggara pilkada," katanya.

Hal itu disampaikan di sela-sela acara sosialisasi di Hotel Meuligo yang diikuti oleh penyandang disabilitas, kelompok perempuan dan pemilih pemula. The Aceh Institut mengandeng panitia dari pihak kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tengku Dirundeng Meulaboh (STAIN-TDM).

Isma Ramadhani menyampaikan, melalui kegiatan demikian diharapkan dapat terpenuhi semua hak masyarakat dari berbagai latar belakang keterbatasan fisik untuk menentukan pemimpinnya lima tahun ke depan pada pilkada serentak 2017.

Agus Salim, salah seorang peserta yang diwawancarai wartawan menyampaikan, dirinya menyambut baik terhadap acar tersebut karena dapat menambah pengetahuan mereka mengenai tata cara melakukan pencoblosan.

"Pertama sekali kami mengucapkan terimakasih kepada pelaksana acara ini, dengan seperti ini kami bisa lebih memahami bagaimana cara memilih untuk menentukan pemimpin masa depan di Aceh Barat maupun untuk Provinsi Aceh,"pungkas Agus.

Dalam acara tersebut The Aceh Institut menghadirkan pemateri dari Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat, Teuku Novian Nukman, perwakilan akademisi Mahrizal dan Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Syafwan Safriadi.

Sementara itu ketua pelaksana dari kampus STAIN Meulaboh Syibranmulasi, dalam keterangan tertulisnya menyampaikan, kegiatan itu dilaksanakan selama dua hari dengan ikut melibatkan tenaga relawan dari kelompok mahasiswa perguruan tinggi itu.

Sumber:ANTARA
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...