Rombongan Raja Salman

Diangkut 7 Pesawat Boeing

FOTO | REUTERSRaja Salman
A A A

JAKARTA - Pengelola Bandara Halim Perdanakusuma menyatakan siap menyambut dan mengamankan kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud pada 1 Maret 2017. Untuk pengamanan di bandara, PT Angkasa Pura II telah bersinergi dengan TNI AU dan Paspampres.

"Terkait dengan kedatangan Raja Salman beserta rombongan, PT Angkasa Pura II (Persero) bersinergi dengan TNI AU serta Paspampres meningkatkan keamanan sesuai dengan standar pengamanan tamu negara atau VVIP," kata General Manager Bandara Halim Perdanakusuma Abdul Rasyid dalam keterangan tertulisnya yang diterima detikcom, Sabtu (25/2/2017).

Abdul juga menyebut notice to airmen (notam) untuk kedatangan dan keberangkatan pesawat rombongan Raja Salman akan diterbitkan. Hal tersebut, menurutnya, akan menyebabkan beberapa penerbangan reguler berpotensi mengalami keterlambatan.

"Notice to airmen atau notam akan diterbitkan oleh pihak berwenang saat kedatangan maupun keberangkatan pesawat dari Arab Saudi tersebut, sehingga ada penerbangan reguler yang mengalami expected delay di Bandara Halim Perdanakusuma," jelas Abdul.

Dalam keterangan tertulis itu juga disebut kedatangan Raja Salman akan didahului oleh kedatangan rombongannya, yang terdiri atas 1 pesawat Boeing 777 dan 2 pesawat Boeing 737-800. Pesawat itu rencananya tiba di Jakarta pada Selasa, 28 Februari, nanti dan membawa delegasi serta Pangeran Arab Saudi.

Pesawat Boeing 777 tersebut akan langsung meninggalkan Bandara Halim Perdanakusuma, sedangkan dua pesawat lainnya akan tetap berada di area bandara. Rombongan yang membawa Raja Salman sendiri rencananya tiba pada 1 Maret 2017 dengan menggunakan 4 pesawat, yaitu 2 unit pesawat Boeing 747-400, 1 unit Boeing 777, dan 1 unit Boeing 757, yang merupakan pesawat medical evacuation.

Kemudian, rencananya, pada 3 dan 4 Maret 2017, seluruh rombongan akan terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju Bandara Ngurah Rai di Denpasar, Bali. Penerbangan ke Bali itu rencananya dalam rangka liburan Raja Salman dan rombongan.

Sebagaimana diketahui, Raja Salman akan melakukan kunjungan kenegaraan di Indonesia sejak 1 Maret 2017 dan dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Raja Salman disebut akan membawa 1.500 orang dalam kunjungannya tersebut.

Sumber:detik.com
Rubrik:Nasional

Komentar

Loading...