Akibat tingginya curah hujan mengakibatkan dua unit rumah warga Kampung Lampahan Timur, Kecamatan Timah Gajah, Kabupaten Bener Meriah tertimbun tanah longsor, Jumat (15/1/2021). Selain itu, satu unit gudang yang berada di dekat rumah ikut tertimbun. Plt Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Bener Meriah, Safriadi melalui Kabid Kedaruratan, Anwar Sahdi menyampaikan, dua rumah warga yang tertimbun bagian dapurnya itu yakni rumah, Musliadi dan Muklis yang merupakan Reje Kampung Setempat.

Diajang ONN 2020 Pelajar SMAN 1 Simpang Kiri Dominasi Medali

ISTIMEWAKepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs H Rachmat Fitri HD, MPA
A A A

BANDA ACEH -Pelajar SMAN 1 Simpang Kiri, Kota Subulussalam mendominasi perolehan medali pada ajang Olimpiade Numerasi Nasional (ONN) tahun 2020 yang dilaksanakan secara virtual untuk seluruh sekolah dari semua jenjang pendidikan se Indonesia.

Adapun para Pelajar Aceh yang berhasil memperoleh medali dari SMAN 1 Simpang Kiri yaitu Rouli (emas), Josep Jona Yudha (emas), Dita Ariyani (emas), Wahda Apriyani (emas), Dwinta Nurul Fadillah Bintang (perak), Indah Kusuma Dirgahayu (perak). SMA Modal Bangsa yaitu M. Farras Munawar (emas) dan Ayu Alfira (perunggu). MAS Ruhul Islam yaitu Shulhan Alkhalidi (perak), Nabiel Naufal (perak) dan M. Rahmat (perak). MAN 1 Banda Aceh yaitu M. Daffa (perak) dan SMAN 1 Langsa yaitu Zahratul Hayyah (perak). SD Sukma Bangsa Bireun yaitu Faza Dina Hawari (emas).

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs H Rachmat Fitri HD MPA kepada media ini Sabtu, (5/12/2020) menyampaikan selamat dan sukses kepada para pelajar Aceh atas raihan prestasi tersebut.

Secara khusus Kadisdik Aceh menyampaikan apresiasi kepada kepala sekolah dan guru pembimbing siswa.

"Alhamdulillah, terimakasih kepada para guru, pengawas sekolah, kepala cabang dinas pendidikan dan wali murid yang telah mendukung para siswa untuk terus mengukir prestasi. Semoga ini menjadi pendorong bagi sekolah lainnya," ujar Haji Nanda sapaan akrab Rahmat Fitri.

Haji Nanda menuturkan pada tahun 2021 siswa tidak akan mengalami UN lagi, melainkan UN akan melakukan pemetaan terhadap dua kompetensi minimum siswa yaitu Literasi dan Numerasi.

"Kompetisi ini menjadi langkah awal untuk persiapan bagi siswa dalam menghadapi Asesmen Kompetisi Minimum (AKM) dan survey karakter pada tahun depan. Alhamdulillah siswa kita mampu mengungguli sekolah lain di Indonesia," tuturnya dengan rasa bangga.

Dijelaskan bahwa, literasi, adalah Kompetensi atau kemampuan dasar yang membekali peserta didik dengan kemampuan memilih, menganalisis informasi dengan kritis serta menggunakannya untuk mengambil keputusan didalam kehidupannya.

"Sedangkan Numerasi adalah Kompetensi atau kemampuan dasar yang membekali peserta didik dengan kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung (mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap atau perilaku) didalam kehidupan sehari-hari dan kemampuan untuk menginterprestasikan infomasi kuantitatif yang terdapat disekeliling peserta didik," jelasnya.

Menjadi motivasi bagi sekolah lain

Sementara Kabid Pembinaan SMA dan PKLK, Drs Amiruddin didampingi Kepala SMAN 1 Simpang Kiri, Sukri MM menjelaskan Olimpiade Numerasi Nasional (ONN) merupakan kompetisi dibidang sains yang diselenggarakan oleh FOTON Institute sebagai sarana mengevaluasi kemampuan berhitung siswa secara nasional.

"Pada tahun ini panitia ONN di tingkat nasional menyediakan 5 medali emas, 10 medali perak dan 15 medali perunggu untuk setiap jenjang pendidikan mulai SD, SMP dan SMA sederajat," jelasnya.

Amiruddin menyebutkan para juara dalam ajang Olimpiade Numerasi Nasional (ONN) itu berhak mendapatkan medali dan piagam penghargaan dari FOTON Institute.

"Alhamdulillahirabbil alamin, meski pembelajaran tidak dapat berlangsung maksimal secara tatap muka. Namun tekad siswa dalam berprestasi semakin meningkat. Semoga kedepan menjadi motivasi bagi sekolah lainnya di Aceh," demikian Kabid Pembinaan SMA dan PKLK Disdik Aceh.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...