Tahun 2019,

Demokrat Buka Peluang Koalisi dengan PDIP

FOTO | ISTIMEWADua mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Megawati Soekarnoputri bertemu di sela upacara Hari Kemerdekaan ke-72 RI, 17 Agustus 2017.
A A A
Yang lain juga saya berkomunikasi karena realitas berpolitik harus berkomunikasi. Apakah kita akan bergandengan tangan kemesraan ini nanti di 2019? Sangat mungkjn terjadi,

JAKARTA - Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Serentak 2018 berlangsung di 171 daerah yang terdiri atas 17 provinsi, 115 kabupaten dan 39 kota. Secara khusus, Partai Demokrat dan PDI Perjuangan (PDIP) berkoalisi di dua pemilihan gubernur dan wakil gubernur (pilgub) yaitu Pilgub Kalimantan Barat (Kalbar) dan Jawa Tengah (Jateng).

Disinggung mengenai peluang Demokrat dan PDIP nantinya juga bersama-sama pada Pemilu 2019, Sekjen Demokrat Hinca IP Pandjaitan tak menampik hal itu. Dijelaskan Hinca, dirinya kerap berkomunikasi dengan seluruh sekjen partai, tidak hanya PDIP.

“Yang lain juga saya berkomunikasi karena realitas berpolitik harus berkomunikasi. Apakah kita akan bergandengan tangan kemesraan ini nanti di 2019? Sangat mungkjn terjadi,” kata Hinca di kantor DPP Demokrat, Jakarta, Minggu (7/1).

Ditambahkannya, komunikasi yang terbangun, bagian dari penjajakan Pemilu 2019. “Jadi dengan parpol lain (tidak hanya PDIP), tentu kita akan bergandeng tangan karena enggak bisa sendirian,” imbuhnya.

Pada Pilgub Jateng, Demokrat mengusung Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen. Pasangan calon (paslon) ini juga diusung PDIP dan PPP. Diketahui, Ganjar merupakan kader PDIP dan Taj kader PPP.

“Saya sebagai sekjen, berkomunikasi dengan sangat intens tadi malam dengan sekjen PDIP, Hasto (Hasto Kristiyanto). Kami bicara banyak berdiskusi banyak untuk menyelesaikan hal tentang pilkada, di mana kami bisa bersama dan di mana kami bisa berkompetisi,” jelas Hinca.

Selain Jateng, menurutnya, dirinya dan Hasto juga membahas Pilgub Kalbar. Di Kalbar selama 10 tahun, duet mesra PDIP dan Demokrat berlangsung. “Berdasarkan pengalaman itu kami sepakat untuk melanjutkan kemesraan itu,” katanya.

Ditegaskan Hinca, dukungan Demokrat atas kader PDIP di Kalbar dan Jateng menjadi bukti keterbukaan. “Ini sekaligus membuktikan Demokrat bisa bekerja sama dengan siapa saja termasuk PDI Perjuangan,” tegasnya

Saya sebagai sekjen, berkomunikasi dengan sangat intens tadi malam dengan sekjen PDIP, Hasto (Hasto Kristiyanto). Kami bicara banyak berdiskusi banyak untuk menyelesaikan hal tentang pilkada, di mana kami bisa bersama dan di mana kami bisa berkompetisi,
Kode:47
Sumber:beritasatu.com
Rubrik:Nasional

Komentar

Loading...