Rutin Makan Kurma,

Dapat Cegah Penyakit Kronis

FOTO | FoodndtvKurma
A A A

KURMA jangan hanya dimakan saat bulan puasa saja. Dalam kehidupan sehari-hari, tak ada salahnya Anda makan kurma untuk mencegah risiko penyakit kronis.

Buah yang banyak tumbuh di Timur Tengah itu rupanya kaya antioksidan, vitamin dan mineral lainnya. Karena itu, manfaatnya bisa sangat menguntungkan.

Namun, hati-hati saat membeli kurma, jangan salah pilih yang mengandung gula buatan. Karena kurma sudah memiliki kandungan gula alami yang aman dikonsumsi.

Daripada penasaran, berikut adalah lima manfaat kurma yang umumnya mencegah terjadinya penyakit kronis. Simak ulasannya, dilansir Boldsky, Sabtu (6/1/2018).

Meningkatkan kesehatan jantung
Kurma menjadi sumber antioksidan yang membantu mencegah penyumbatan arteri, dengan menghentikan pembentukan plak di dinding arteri. Jika tidak dicegah hal itu mengakibatkan serangan jantung fatal bagi pasien. Kurma juga mengandung sejumlah besar isoflavon dan fitoestrogen yang dikenal untuk memperbaiki kesehatan kardiovaskular. Maka jangan abaikan kebiasaan makan kurma setiap hari sesuai yang disarankan.

Melancarkan pencernaan
Kurma mengandung sejumlah besar mineral dan serat, yang bisa memperbaiki kondisi gastrointestinal seseorang. Serat dalam jumlah besar membantu penyembuhan sembelit. Sementara kandungan potassium yang tinggi bisa menyembuhkan pasien diare. Selain itu, konsumsi rutin kurma dapat mencegah kanker usus besar. Karena terjadi pertumbuhan bakteri menguntungkan dalam sistem pencernaan.

Memperkuat tulang Anda
Ada banyak kandungan mineral penting pada kurma, seperti mangan, magnesium, selenium dan tembaga. Ini dapat membantu memperkuat sel-sel tulang Anda. Pada wanita yang makan kurma bisa mencegah osteoporosis dan jenis penyakit tulang lainnya.

Turunkan tingkat kolesterol
Kurma tidak memiliki kandungan lemak dan sumber kolesterol jahat. Secara bertahap makan kurma dapat menurunkan tingkat kolesterol tubuh Anda. Sesuai penelitian terbaru, kandungan zat besi dan serat yang kaya pada kurma membantu mengontrol kolesterol di tubuh, sehingga baik untuk melawan penyakit kardiovaskular.

Kontrol tekanan darah
Karena kurma merupakan sumber potassium, secara efektif dapat mengatur tekanan darah tubuh Anda. Kalium juga mengurangi efek samping kelebihan makan garam. Kandungan mineral bermanfaat lainnya juga berkontribusi menurunkan kadar gula darah tinggi.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...