Bangkitkan Jiwa Bahari

Danlanal Sabang Sosialisasi di Sekolah

ACEHIMAGE.COM | JALALUDDIN ZKYKomandan Lanal Sabang ajak kaum muda, untuk meningkatkan semangat jiwa bahari demi menuju Indonesia sebagai poros maritim dunia.
A A A

SABANG - Komandan Lanal Sabang ajak kaum muda, untuk meningkatkan semangat jiwa bahari demi menuju Indonesia sebagai poros maritim dunia. Menurut Danlanal, sejak dini harus di sampaikan dan dikenalkan kelada generasi muda, tentang kebangsaan yang berwawasan maritim.

Demikian disampaikan Kamandan Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Sabang Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto SE, dalam
Sosialisasi Komunikasi dengan tema "Indonesia Negara Maritim" bagi Siswa/ Siswi SMAN I Sabang Sabtu (08/09/18).

Kegiatan yang diselenggarakan pihak Staf Potensi Maritim Lanal Sabang diaula SMAN I dan buka oleh Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto SE, didamping Khaidir SPd, bagian pengajaran SMAN I Sabang diikuti puluhan siswa-siswi sekolah tersebut.

Dalam paparannya Danlanal menyampaikan Diantaranya,
sebagai Negara Kepulauan dengan potensi ekonomi maritim sangat besar. Indonesia merupakan Negara Kepulauan terbesar di dunia, yang memiliki wilayah laut seluas 5,8 juta kilometer terdiri dari wilayah teritorial sebesar 3,2 juta kilometer persegi dan wilayah Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) 2,7 juta kilometer.

Selain itu, terdapat 17.840 pulau di Indonesia dengan garis pantai sepanjang 95.181 kilometer, dengan cakupan yang demikian besar dan luas, tentu saja laut Indonesia mengandung keanekaragaman suberdaya alam laut yang potensial.

Baik hayati dan non-hayati yang tentunya memberikan nilai yang luar biasa pada sumber daya alam seperti ikan, terumbu karang dengan kekayaan biologi yang bernilai ekonomi tinggi, wilayah wisata bahari, sumber energi terbarukan maupun minyak dan gas bumi, mineral langka dan juga media transportasi antar pulau yang sangat ekonomis.

Danlanal dihadapan peserta yang antusias mendengarkan Kolonel Edi, juga menerangkan tentang UNCLOS 1982, pengertian negara kepulauan, ZEE, dan terakhir potensi Sabang diliat dari Posisi Geografis,kondisi geografi, free Port dan Free Trade serta Histori Sabang.

Kegiatan yang merupakan program Kerja TNI AL Lanal Sabang, dalam rangka membina potensi maritim menjadi ketahanan Nasional. Acara tersebut dihadiri Paspotmar Lanal Sabang Kapten Laut (P) Moch Murwoko, sekaligus akan dilakukan secara berkelanjutan diwilayah kerja Lanal Sabang.

Usai menyampaikan paparannya Komandan Lanal Sabang memberikan Peta Laut Aceh kepada pihak sekolah yang bermanfaat bagi Siswa untuk mengenal perairan Indonesia terutama Aceh.

Penulis:Jalaluddin Zky
Kode:47
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...