Badan Lelah Kurang Tidur Habis Pesta Tahun Baru?

Coba Lakukan Tips Berikut untuk Mengembalikan Stamina

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

BERPESTA semalaman merayakan pergantian tahun di malam tahun baru, baik itu dengan teman-teman tersayang atau dengan sanak keluarga tercinta memang menyenangkan.

Sibuk berpesta semalaman ini bahkan tidak jarang sampai mabuk-mabukan, akhirnya membuat jam tidur menjadi berkurang dan otomatis tubuh yang kurang beristirahat pun akan bereaksi. Mulai dari kepala pusing, mual, kantung mata menghitam, tidak fokus, mudah terdistraksi, dan sebagainya.

Lalu adakah cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak kurang tidur setelah berpesta tahun baru? Yuk dibaca uraian singkatnya di bawah ini, seperti dihimpun Okezone dari berbagai sumber.

Minum air mineral
Meminum air mineral di sini dalam arti, meminum dalam jumlah yang banyak. Terdengar menjadi tips yang paling dasar, namun cara ini disebutkan adalah cara terbaik untuk mengurangi dampak kurang tidur pada tubuh belum lagi jika ditambah dengan konsumsi minuman beralkohol saat berpesta. Ada baiknya, setelah selesai berpesta dan hendak berangkat tidur, tempatkan segelas besar atau dua gelas berisi air mineral di sisi samping tempat tidur, jadi ketika bangun tidur keesokan harinya gelas berisi air mineral ini akan mudah terlihat sehingga akan teringat untuk diminum dan tubuh menjadi tetap hidrasi dan 'sadar' sehingga bisa fokus untuk melakukan kegiatan lainnya.

Batasi asupan kafein dan gula
Batasi asupan kafein dari minuman seperti kopi, teh, soda dan juga cokelat. Batasi juga konsumsi gula, sebab gula memang dapat meningkatkan energi namun hanya sementara waktu saja lalu bisa turun drastis dalam waktu singkat.

Konsumsi protein
Makanlah sumber protein seperti daging dan telur yang mengandung asam amino sistein, yang notabene dianggap baik untuk membersihkan racun dalam tubuh. Namun, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan terutama makanan sarapan dengan makanan yang hambar alias bland, untuk membantu mengembalikan kadar gula darah dan menghindari masalah pencernaan.

Tidur siang sesaat
Kurang tidur pasti membuat tubuh menjadi lesu dan lemah, namun bagaimana jika setelah pesta tahun baru keesokan harinya masih ada aktivitas yang harus dilakukan? Nah, untuk mengembalikan vitalitas tubuh ada baiknya untuk beristirahat sejenak dengan tidur siang selama 20-30 menit.

Tutupi kantung mata gelap dengan ilusi
Bagi sebagian orang, kurang tidur dalam sehari saja sudah dapat memunculkan kantung panda menghitam alias dark circle. Bagi wanita, salah satu cara mudahnya ialah dengan menutupi menggunakan pulasan make-up, mulai dari eye serum, primer, concealer, eyeliner dan maskara untuk membuat kesan mata 'terangkat' tidak layu dan lesu. Sedangkan untuk pria, bisa coba untuk memudarkannya lewat masker alami seperti dikompres dengan timun atau dibalur masker rumahan seperti kombinasi jus kentang dan jus timun hingga kombinasi daun mint dan jus tomat.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...