Chelsea Meroket Bukan Cuma karena Ganti Formasi

FOTO | Getty ImagesPemain Chelsea
A A A

LONDON — Perubahan formasi memang ada kaitannya dengan performa gemilang Chelsea di Premier League belakangan ini. Namun, The Blues meroket bukan hanya karena hal itu saja.

Chelsea memperpanjang rentetan kemenangan mereka di Premier League menjadi 11 kemenangan usai mengalahkan Crystal Palace pada akhir pekan lalu. Tim besutan Antonio Conte itu kini memuncaki klasemen dan unggul enam poin atas Liverpool yang berada di posisi kedua.

Rentetan kemenangan Chelsea bermula pada 1 Oktober silam, saat mereka mengalahkan Hull City 2-0. Pada laga tersebut, Chelsea mulai memakai formasi 3-4-3 setelah sebelumnya menggunakan formasi 4-1-4-1.

Pemain belakang Chelsea, Gary Cahill, mengakui bahwa pergantian formasi memang membantu timnya. Namun, menurutnya Chelsea takkan menang tanpa kerja keras dari semua pemain.

"Manajer tahu formasinya luar dalam dan kami bekerja sangat keras di tempat latihan untuk beradaptasi dengan formasi itu," ungkap Cahill seperti dikutip Sky Sports.

"Orang-orang bicara soal formasi, tapi saya pikir cara kami memainkan formasi itu -- dan itu sangat dipengaruhi oleh manajer dan pengalamannya dengan formasi ini, dan pada akhirnya para pemain memahaminya dan mempraktikkannya di atas lapangan," lanjut Cahill.

"Ada beberapa hal yang telah memberi kami kesuksesan. Ini bukan tiba-tiba 'kita akan main dengan formasi ini, ayo bermain ...'. Cara kerjanya bukan seperti itu. Anda harus bekerja keras di tempat latihan," katanya.

Sumber: detik.com
Rubrik: Sport

Komentar

Loading...