Cegah Penyusutan Otak dengan Diet Ini

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

Jakarta - Diet bukan semerta-merta hanya soal menurunkan berat badan, melainkan memaksimalkan fungsi berbagai organ tubuh yang vital, termasuk otak. Penyusutan otak yang terjadi karena penuaan pun dapat dicegah dengan diet Mediterania.

Dari hasil risetnya, para peneliti di University of Edinburgh, Skotlandia, berhasil mengungkap, responden berusia 70an yang menjalani diet Mediterania mengalami penyusutan otak yang lebih sedikit dibanding responden yang menjalan diet lainnya.

"Kami menemukan, rendahnya asupan diet bergaya Mediterania sangat berkolerasi dengan penyusutan besar selama tiga tahun dari total volume otak," kata Michelle Luciano, seorang peneliti dari riset tersebut, seperti dikutip Today.

Dipublikasikan di sebuah jurnal saraf internasional, riset tersebut melibatkan 400 responden yang lahir pada 1936. Para peneliti lalu memantau pola makan serta kondisi otak mereka melalui magnetic resonance imaging (MRI) selama enam tahun.

Terungkap, terjadi penyusutan otak yang minim pada responden yang hanya mengonsumsi buah-buahan, sayur-mayur, minyak zaitun, atau bahan-bahan yang umum ditemui pada makanan bergaya Mediterania. Diketahui, menu mereka juga bebas dari daging merah, gorengan, serta keju.

Dokter David Knopman, profesor saraf dari Mayo Clinic, Minnesota, mengatakan, penyusutan otak merupakan bagian dari proses penuaan. Semakin menyusut, otak pun semakin rentan terhadap segala jenis gangguan otak, seperti dimensia.

"Orang dengan otak yang volumenya besar lebih kebal dari penyakit ketimbang mereka yang berotak kecil," ujar David

Komentar

Loading...