Makan Kismis Bisa Melawan Penyakit Infeksi,

Cegah Obesitas hingga Penyakit Jantung

FOTO | BestherbalhealthIlustrasi
A A A

KISMIS salah satu jenis buah-buahan kring yang wajib dikonsumsi setiap hari. Karena manfaatnya sangat melimpah dan baik untuk kesehatan.

Segenggam kismis mengandung nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Termasuk kaya vitamin, serat, hingga dianggap makanan rendah kalori.

Bahkan, jika Anda tahu metode makan kismis perlahan-lahan dan satu per satu, bisa mengontrol berat badan Anda. Makan kismis juga memberikan energi bagi tubuh Anda, karena mengandung gula alami.

Dilansir Livestrong, Jumat (22/9/2017), berikut adalah lima manfaat makan kismis setiap hari, terutama bagi orang yang diet. Agar tak penasaran, simak ulasan selengkapnya berikut ini yuk!

Membangkitkan energi
Karena kismis kaya karbohidrat dan gula alami, Anda yang makan kismis dapat mengontrol berat badan. Terlebih, Anda juga lebih merasa berenergi dan tidak letih untuk beraktivitas. Disebutkan para ahli, kismis mengandung sekira 130 kalori dan 31 gram karbohidrat setiap 1/4 cup. Sebuah studi tahun 2011 juga menyebutkan, seseorang yang makan kismis sebelum olahraga juga jadi tak gampang loyo saat beraktivitas.

Mencegah sembelit
Makan kismis secara teratur juga dapat mencegah sembelit. Karena buah kering ini kaya serat yang baik untuk usus. Setiap satu mangkuk kismis mengandung 14 gram serat. Karena itu, sempatkan waktu untuk ngemil kismis atau mencampurkan ke dalam minuman smoothies favorit Anda agar terbebas dari gangguan pencernaan.

Melawan infeksi
Kismis merupakan salah satu makanan padat nutrisi. Buah ini berjenis makanan nabati yang kaya zat gizi dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Satu mangkuk kismis juga menyumbang potasium, fitonutrien, serta antioksidan untuk menangkal infeksi. Pada wanita menyusui juga disarankan untuk makan kismis, agar hasil ASI-nya melimpah.

Mengurangi risiko penyakit jantung
Makan kismis secara teratur dapat mengontrol kadar glukosa darah rendah, menurunkan tekanan darah, tingkat kolesterol rendah, hingga trigliserida berkurang. Dengan demikian, Anda bisa mencegah risiko penyakit jantung bila Anda sering mengonsumsinya.

Cegah obesitas
Para ahli gizi juga menyarankan Anda untuk konsumsi kismis setiap hari. Buah kering ini tergolong makanan rendah kalori, sehingga mudah diserap oleh tubuh. Pada akhirnya, Anda juga dapat mencegah obesitas saat makan kismis. Anda tak perlu khawatir kegemukan, meski makan makanan manis seperti kismis ini.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...