Kasus peredaran ijazah palsu yang diduga berasal dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah adalah merupakan bom waktu bagi oknum pelaku. “Bagi oknum pelaku kesalahan ini adalah bom waktu, karena kasus yang terbongkar hari ini adalah merupakan ijazah beberapa tahun lalu, dan saat ini sudah ditangani penegak hukum," kata Sekda Bener Meriah, Drs Haili Yoga pada saat dikonfirmasi awak media di ruang kerjanya, Kamis (21/1/2021) “Hari ini kebetulan ditangani oleh pihak berwajib kita berikan ruang kepada mereka agar persoalan ini jangan timbul multi tafsir," ujarnya.

Untuk Lulus Tes Baca Alquran

Cawabub Bener Meriah Harus Kantongi Nilai Minimal 50

SAMSUDDINKetua tes baca alquran Tgk Abdul Rahman Lamno
A A A

BENER MERIAH – Tim Panitia pemilihan (Panlih) Calon Wakil Bupati Kabupaten Bener Meriah sisa jabatan 2017-2022 menjadwalkan tes baca alquran terhadap dua Cawabub.

“Besok tes baca alquran untuk kedua cawabub akan dilaksanakan di Kantor DPRK Bener Meriah, dimana penguji terdiri dari MPU, Kemenag Bener Meriah, dan LPTQ," kata ketua Panitia pemilihan ( Panlih ) Darwinsah, Senin (4/1/2020 )

Darwin menambahkan, dari MPU sebagian peguji dipercayakan kepada Wakil I MPU Bener Meriah Tgk Abdulrahman Lamno, dan dari Kermenag Tgk Hasbialah, dan LPTQ Tgk Mahdi.

Ditambahkan Darwin, pihaknya akan mengupayakan pada 14 Januari 2021 nanti sudah dilaksanakan Sidang Paripurna penetapan Calon Wakil Bupati terpilih dan akan segera diusulkan kepada Mendagri melalui Gubernur Aceh untuk pelantikannya.

Ketua Panlih, Darwinsyah

Sementara itu, Ketua dewan penguji baca alquran, Tgk Abdul Rahman Lamno mengatakan, ada tiga katagori akan di tes kepada masing-masing calon Wakil Bupati. Diantaranya Makraj hurup, ketepatan barisan, dan adab.

Untuk Makraj hurup itu nilainya 40, ketepatan baris juga nilainya 40, dan untuk adab nilanya 20. Total keseluruhan nilai 100. Untuk menentukan kelulusan masing-masing peserta harus mengantongi minimal nilai 50.

Menurut Tgk Lamno, persentasi nilai dan materi penilaian tes baca alquraan sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Komisi Pemilihan Independem (KIP) Bener Meriah tahun 2017, yakni tentang penilaian diantaranya Makraj hurup, ketepatan baris dan adab.

Mekanisme dua peserta besok masing-masing akan mencabut undian untuk menentukan siapa yang pertama akan di tes, selanjutnya untuk menentukan peserta akan membaca jus keberapa maka mereka sebelum diuji akan mencabut makrak.

“Untuk juz nya sudah di tentukan antara Juz 1 sampai juz 10, tergantung pada makrak berapa nanti mereka pilih. Waktu tampil maksimal 10 menit untuk satu orang,"ujar Tgk Lamno.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...