Jangan Malas Bergerak,

Cara Ampuh Cegah Penyakit Muskuloskeletal

FOTO | ISTIMEWAJangan malas bergerak cegah penyakit muskuloskeletal
A A A

PENYAKIT muskuloskeletal merupakan gangguan yang dapat melemahkan tulang, otot dan sendi. Pemicunya cukup beragam yang dimulai dari kebiasaan salah dalam kehidupan sehari-hari.

Spesialis Orthopedi dr Sapto Adji SpOT mengatakan, sebagian orang sering mengabaikan nyeri pinggang, bahu, dan bagian tangan lainnya.

Inilah yang memicu Anda mengalami penyakit muskuloskeletal tanpa disadari. "Penyakit muskuloskeletal disebabkan dari gaya hidup sehari-hari.

Misalnya duduk dalam waktu lama, bungkuk yang lama, berkendara berjam-jam, angkat beban berat yang salah tekniknya, sampai-sampai trauma karena kecelakaan," ujar dr Sapto saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis 16 Maret 2017.

Penyakit ini, menurut dr Sapto, sudah banyak diteliti sejak abad ke-18. Sakit pinggang bagian belakang yang paling mendominasi.

"Dalam hidupnya, orang pasti satu kali kena penyakit muskuloskeletal. Minimal dia pernah mengalami nyeri pinggang," tambahnya.

Untuk mencegahnya, tak bosan-bosannya para dokter menyerukan agar seseorang lebih waspada dengan penyakit muskuloskeletal. Jangan jalani sedentary lifestyle alias malas bergerak yang tak hanya memicu obesitas, tapi juga bisa mengalami penyakit muskuloskeletal.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...