Simeulue

Butuh Rp20 Miliar Bangun Fasilitas Wisata

FOTO | ISTIMEWApasir putih pantai Desa Lasikin, Kecamatan Teupah Tengah, Kabupaten Simeulue
A A A

SIMEULUE - Pemerintah Kabupaten Simuelue Provinsi Aceh membutuhkan anggaran sekitar Rp20 miliar untuk membangun berbagai fasilitas pendukung di sejumlah objek wisata andalan daerah itu.

"Ada sekitar 20 titik objek wisata yang tersebar di 10 kecamatan di Simeulue yang membutuhkan kelengkapan fasilitas pendukung," kata Kepala Dinas Pariwisata Simeulue Abdul Karim di Simeulue, Kamis.

Dijelaskan, sekitar 20 titik objek wisata di Kabupaten Simeulue itu masih minim failitas pendukungnya.

Dirincikan, dari total anggaran yang dibutuhkan senilai Rp20 miliar itu maka satu lokasi paling tidak di alokasikan masing-masing sebesar Rp1 miliar.

Anggaran itu akan dipruntukan membangun toilet, kamar mandi, meunasah, penyediaan air bersih, bangunan kamar ganti pakaian, sarana parkir kenderaan serta sarana pendukung bangunan untuk pengawasan.

Abdul Karim mengaku, dalam satu tahun hanya terealisasi untuk pembangunan dua titik objek wisata yang bersumber dari APBK setempat.

"Kalau anggaran yang dikucurkan setiap tahunnya itu maka membutuhkan waktu 10 tahun untuk membangun fasilitas wisatawa di 10 titik di Simeulue," katanya menambahkan.

Sedangkan objek wisata yang dikelola oleh pelaku usaha yang menampung pelancong mancanegara, diminta untuk mematuhi peraturan yang berlaku, sebab Kabupaten Simeulue masih dalam wilayah Provinsi Aceh, yang kental dengan adat istiadat, budaya islami serta aturan Qanun Syariat Islam.

Kode:47
Sumber:antara
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...