Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Utara Dr A Murtala yang baru saja dilantik pada akhir Desember tahun lalu sebagai orang nomor wahid dibidang administasi, ternyata sosok lulusan S3 ini memiliki karakter maupun cara ampuh tersendiri untuk menghindari konfirmasi dengan wartawan, Sabtu (23/01/2021). Sikap orang nomor tiga di jajaran pemerintahan Aceh Utara, terkesan seakan-akan tidak paham terhadap fungsi dan tugas seorang wartawan, Seharusnya seorang Sekda harus koperatif dengan wartawan sesuai fungsinya yang diatur seusai dalam undang undang nomor 40 tahun 1999.

Bupati Serahkan TTG untuk 130 Gampong di Aceh Selatan

MUHAMMAD ILHAMBupati Aceh Selatan Tgk Amran meyerahkan Alat Tekhnologi Tepat Guna (TTG) kepada 130 Gampong
A A A

ACEH SELATAN - Bupati Aceh Selatan Tgk Amran meyerahkan Alat Tekhnologi Tepat Guna (TTG) kepada 130 Gampong, Kamis (3/12/2020) bertempat kantor DPMG daerah setempat.

Tgk Amran menyampaikan, tekhnologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dapat menjawab keluhan masyarakat, tidak merusak lingkungan, dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah, murah serta menghasilkan nilai tambah baik dari aspek ekonomi maupun lingkungan.

"Guna situasi saat ini kita mengharapkan masyarakat mampu untuk berinovasi menciptakan sesuatu tekhnologi tepat yang sederhana yang mempunyai nilai manfaat yang besar, baik dari aspek pertanian, kesehatan, maupun yang lainnya," kata Tgk Amran

Lanjutnya, Alat-alat yang dibawa-bawa hari ini merupakan hasil karya cipta masyarakat Kabupaten Aceh Selatan, yang kemudian diperbanyak oleh Dinas Perberdayaan Masyarakat dan Gampong Propinsi Aceh.

Adapun alat alat TTG yang disalurkan berupa mesin pengupas pinang sebanyak 45 unit, dan alat Tabela (tanam benih langsung) sebanyak 74 unit.

Alat alat Tekhnologi Tepat Guna diserahkan hari ini, bisa digunakan untuk digunakan bagi masyarkat didesa, serta dapat menghidupkan kagiatan pos pelayanan teknologi desa (posyantekdes) yang sudah terbentuk di desa-desa dalam kabupaten Aceh Selatan.

Dalam kesempatan itu juga, Kadis DPMG Kabupaten Aceh Selatan, Agustinur SH melalui Kabid Pemberdayaan SDA TTG, dan Bantuan Pembangunan Teuku Rachmad SSTP menyatakan, penyerahan alat Bantuan Tekhnologi Tepat Guna, berupa mesin pengupas pinang sebanyak 45 unit Mesin tabela (tanam benih langsung 74 unit) berharap agar alat tersebut dapat berguna di masyarakat Kabupaten Aceh Selatan, serta dapat meningkatkan peningkatan ekonomi masyarakat Desa melalui kegiatan posyantekdes.

"Sampai tahun 2020 Kabupaten Aceh Selatan sudah terbentuk posyantek Desa sebanyak 60%, kita optimis tahun 2021 bisa selesai pesanan posyantekdes 100% di seluruh Desa dalam Kabupaten Aceh Selatan,"pungkasnya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...