Menteri Agama RI Jenderal (Purn) Fachrul Razi melantik Dr H Iqbal SAg MAg sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Jumat, (10/7/2020). Iqbal sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Aceh Barat Daya. Pria yang juga pernah menjabat Kepala Kantor Kemenag Aceh Selatan itu lahir di Pidie, 31 Desember 1970.

Untuk Membangun Rumah Fakir Miskin

Bupati Nagan Raya Perbubkan Dana Desa

FOTO | SITI AISYAHBupati Nagan Raya HM Jamin Idham.
A A A

NAGAN RAYA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya membuat Peraturan Bupati (Perbup) tentang pengunaan dana desa yang bersumber dari Alokasi Dana Gampong (ADG) tahun 2019 untuk membangun rumah warga fakir dan miskin di desa masing-masing.

Perbup dengan nomor 3 tahun 2019  tentang pedoman umum teknis fasilitasi pengunaan dana desa dari alokasi dana gampong (ADG) dan bagi hasil pajak retribusi daerah Kabupaten Nagan Raya tahun 2019.

Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham,SE mengatakan, perbup yang ditanda tanganinya pada tanggal 3 Januari 2019 untuk membangun rumah layak huni dengan mengunakan dana desa di masing-masing gampong dua unit dalam per tahun.

Kata M Jamin Idham, membangun ruma layak huni tersebut dengan anggaran pembangunan rumah maksimal sebesar Rp 83.300.000,- untuk satu unit rumah.

Sedangkan rumah yang akan dibangun maksimal pembangunan rumah per tahun anggaran sebanyak dua unit rumah per gampong.

“Perbup Bupati Nagan Raya tahun 2019 tentang pedoman umum teknis fasilitasi pengunaan dana desa dari alokasi dana gampong (ADG) ini merupakan bagian dari visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Nagan Raya dalam menuntaskan kemiskinan,” kata Bupati M Jamin Idham, Minggu, 18 Agustus 2019.

Lanjutnya, untuk kriteria penerima rumah layak huni tersebut, yaitu warga gampong setempat, dibuktikan dengan kartu tanda penduduk (KTP) atau kartu keluarga (KK).

Kemudian, penerima memiliki tanah dengan ketentuan memiliki secara fisik dan memiliki legalitas yang sah, tidak dalam sengketa, Bersedia membuat pernyataan penerima, bersedia membuat pernyataan membongkar rumah lama, status fakir miskin dan kaum dhuafa.

“Proses varifikasi penetapan penerima pembangunan rumah layak huni dilakukan melalui Dinas PMGP4, Dinas Sosial, Dinas Perkim, Baitul Mal, Camat, Keuchik, Tuha Peut, dan Imam Chik,” kata Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham.

Kontributor:SITI AISYAH
Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...