Sebanyak 281 warga Rohingya melarikan diri dari kamp penampungan sementara di BLK Lhokseumawe, Aceh. Mereka datang dalam dua gelombang, yaitu gelombang pertama terdampar di Aceh Utara sebanyak 99 orang, lalu di Kota Lhokseumawe sebanyak 297 orang. Total dari kedua gelombang itu 396 orang yang ditampung di Kamp BLK Lhokseumawe. “Mereka meninggalkan kamp tanpa sepengetahuan petugas. Mereka menggunakan jasa pihak ketiga untuk menyeberang ke Malaysia, karena sejak awal memang tujuan mereka Malaysia,” kata Mitra.

Bupati Bener Meriah Terbang Perdana Bersama Susi Air

ISTIMEWABupati Sarkawi bersama pimpinan dan Anggota DPRK Bener Meriah uji coba terbang perdana menggunakan pesawat Susi Air
A A A

BENER MERIAH - Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi mencoba penerbangan perdana perintis dengan rute Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang (BTJ) ke Bandara Rembele (TXE) menggunakan pesawat Susi Air, Senin (11/01/2021).

Selain Bupati Bener Meriah, dalam penerbangan perdana pesawat Susi Air rute Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang (BTJ) ke Bandara Rembele (TXE) turut serta Wakil I DPRK Bener Meriah, Tgk Husnul Ilmi, Anggota DPRK Bener Sofyan.

Setiba di Bandara Udara Rembele, Abuya Sarkawi menyampaikan harapannya, dengan adanya penerbangan perintis ini akan memudahkan mobilitas masyarakat Aceh di Tanah Gayo terkhusus masyarakat Bener Meriah.

"Dengan adanya penerbangan perintis ini akan adanya penambahan jam penerbangan dan maskapai-maskapai yang lain untuk melakukan penerbangan ke Bandara Rembele,"kata Sarkawi.

Lanjutnya, dengan mudahnya transportasi ke Bener Meriah akan mendongkrak perekonomian masyarakat Bener Meriah terutama dalam bidang Pariwisata, dan akan mendongkrak peningkatan ekonomi masyarakat Gayo.

Ia juga mengatakan, dengan mudahnya akses dan jarak tempuh yang semakin dekat akan menarik minat kunjungan wisatawan, tamu, serta pihak lain yang akan berkunjung ke Bener Meriah maupun Aceh Tengah.

Bupati Bener Meriah juga mengucapkan terimkasih kepada pihak Susi Air yang sudah membuka rute penerbangan Banda Aceh – Bener Meriah dan Bener Meriah-Banda Aceh.

“Kami berharap penerbangan ini bisa bertahan, dan bisa ditambah rute penerbangan ke Bener Meriah-Banda Aceh dan sebaliknya, karena banyak urusan baik yang dilakukan pihak pemerintahan maupun masyarakat ke Banda Aceh yang membutuhkan tranportasi seperti ini,”ujar Sarkawi.

Untuk dapat diketahui bersama, penerbangan perintis merupakan penerbangan bersubsidi dari pemerintah pusat yang diselenggarakan untuk melayani kebutuhan angkutan yang cepat, aman dan nyaman yang selama ini belum dilayani oleh angkutan udara komersial.

Bandara yang berlokasi di Tanoh Gayo ini akan melayani Banda Aceh - Takengon - Banda Aceh pada setiap hari Senin

Berikut jadwal penerbangan perintis dari dan ke Bandara Rembele : Senin: Banda Aceh - Takengon : 08.00 WIB -Takengon - Banda Aceh : 08.55 WIB.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...