Jalan akses menuju Samar Kilang Kecamatan Syiah Utama, Kubupaten Bener Meriah lumpuh total akibat longsor dan pohon tumbang.“Mungkin kejadianya tadi malam, soalnya kemaren sore anggota saya pulang jalannya masih baik-baik saja," ungkapnya. Munurut Mustakim, longsor tersebut menimpa separuh badan jalan dengan panjang mencapai 17 meter, namun pohon-pohon dari atasnya tumbang dan menutup badan jalan sehingga jalan tersebut tidak dapat dilalui untuk saat ini.

Bupati Bener Meriah Temui Menteri Koperasi dan UKM Bahas Kopi Gayo

ISTIMEWAPertemuan Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi dengan Mentri Koperasi dan UKM Teten Masduki
A A A

BENER MERIAH – Sebagai bentuk keseriusan Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi atas perekonomian masyarakatnya yang terdampak akibat pendemi Covid-19. Orang nomor satu di Negeri penghasil kopi arabika itu terus nemempuh berbagai cara dan langkah.

Salah satu upaya yang dilakukan ialah melakukan audensi dengan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Drs Teten Masduki, di Jakarta yakni membahas tentang menurunnya volume ekspor kopi Gayo, Jumat (13/11/2020).

Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi menyebutkan, dia sangat menaruh harapan besar kepada Menteri Koperasi dan UKM tentang peningkatan ekonomi masyarakat Gayo khusunya masyarakat Kabupaten Bener Meriah, sebab hampir seluruh perekonomian masyarakat di negeri diatas awan itu menumpukan harapannya pada komoditi kopi.

"Selama pandemi Covid-19 ini, volume ekspor kopi Gayo boleh dikatakan terjun bebas, kita berharap dengan adanya pertemuan resmi (audensi) ini ada jalan yang tepat untuk mendongkrak volume ekspor kopi Gayo,” harap Abuya Sarkawi.

Dikatakannya lagi, dengan meningkatnya volume ekspor kopi gayo, akan memberikan dampak yang signifikan terhadap masyarakat petani kopi maupun pembanguna perekonomian Kabupaten Bener Meriah.

“Dampak positif pada nilai jual dan nilai tambah Kopi Gayo juga dapat meningkatkan kesejahteraan secara langsung maupun tidak langsung bagi petani dan keluarga serta daerah,” ungkap Bupati.

Abuya Sarkawi juga mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada Menteri yang rencananya akan hadir ke Bener Meriah dalam rangka memastikan volume kopi gayo yang menumpuk di daerah itu dan kehadiran mereka akan melakukan pendataaan terkait hal tersebut sehingga nantinya mereka (kementerian) mengetahui kebutuhan dana untuk menanggani permasalahasn kopi.

"Terkait pembiayaan koperasi akan difasilitasi melalui LPDB -UMKM serta Bank BRI Medan karena Bank yang di Aceh bunganya terlalu tinggi,” tegas Bupati.

Untuk menjadikan koperasi modern dan UMKM naik kelas, Kemenkop RI juga akan akan melakukan pendampingan, pelatihan dan pengembangan UMKM dalam sentral komodity seperti kopi, pisang , kentang sesuai dengan potensi daerah.

"Pertemuan kita dengan Menteri Koperasi Drs Teten Masduki, tadi berjalan dengan penuh rasa kekeluargaan, dan Menteri Teten Masduki sangat merespon apa yang kita sampaikan,"katanya.

“Kepada masyarakat Bener Meriah mari kita berdo’a, apa yang dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI kepada Bener Meriah, agar dapat cepat terealisasi, untuk kesejahteraan dan kemakmuran kita semua,"harap Sarkawi.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...