Idul Adha 1439 H

Bupati Aceh Besar: Jumlah Hewan Qurban Meningkat Secara Kuantitas

FOTO | Humas Setdakab Aceh besarBupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali menyerahkankan secara simbolis hewan qurban kepada Drs Syukri Plt Kadis Lingkungan Hidup Aceh Besar, di Halaman Masjid Agung Al Munawwarah, Kota Jantho, Rabu (22/8/2018).
A A A

ACEH BESAR — Sebanyak 1.889 ekor hewan qurban disembelih pada hari Raya Idul Adha 1439 H. Jumlah hewan qurban itu terdiri dari sapi 1.431 ekor, kambing 458 dan kerbau 4 ekor, yang disembelih di berbagai masjid dan gampong dI seluruh wilayah Kabupaten Aceh Besar.

“Seluruh hewan qurban tersebut merupakan data yang kami terima dari penyembelihan di seluruh Aceh Besar,” kata Plt Kadis Syariat Islam Aceh Besar Carbaini SAg didampingi Ketua Panitia Hewan Qurban Aceh Besar Ustad Zaini SH MH, Rabu (22/8/2018) di Kota Jantho.

Sementara pelaksanaan shalat Idul Adha 1439 hijriah, tingkat Kabupaten Aceh Besar dipusatkan di Masjid Agung Al Munawwarah, Kota Jantho yang bertindak sebagai khatib, Ir Mawardi Ali Bupati Aceh Besar dan Imam, Ustad H Zamhuri Ramli Al Hafidh SQ MA serta diikuti duaribuan jamaah yang terdiri dari masyarakat Kota Jantho, serta Forkopimda, para pejabat dan PNS dari jajaran Pemkab Aceh Besar.

Usai shalat Idul Adha, Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali di Halaman Masjid Agung Al Munawwarah menyerahkankan secara simbolis satu ekor sapi kepada Lukman Keusyik Teurebeh Kota Jantho dan dua ekor sapi kepada Drs Syukri Plt Kadis Lingkungan Hidup Aceh Besar untuk disembelih serta dibagi keseluruhan petugas kebersihan di Aceh Besar. Bupati Aceh Besar juga menggelar open house dan silaturahim dengan masyarakat Kota Jantho serta pejabat dan PNS dijajaran Pemkab Aceh Besar.

Pada kesempatan itu, Bupati Mawardi Ali memberikan apresiasi atas peningkatan jumlah hewan kurban yang cukup signifikan tahun 2018 ini. "Jumlah hewan kurban yang meningkat secara kuantitas ini tidak hanya terjadi di Kota Jantho yang mencapai 19 ekor sapi dan 10 ekor kambing dibandingkan tahun lalu hanya 13 ekor sapi," ungkapnya.

Mawardi Ali juga berpesan agar kurban menjadi bentuk syukur kita dan semua ini tidak ada kesiasiaan, sehelai bulupun tidak akan sia-sia disisi Allah SWT jika dilakukan dengan ikhlas. "Allah tidak butuh darah dan daging Qurban namun dengan keikhlasan semoga pengorbanan ini mendapatkan berkah-Nya," pungkas Bupati Aceh Besar.

Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali menjadi khatib shalat Idul Adha 1439 hijriah, tingkat Kabupaten Aceh Besar di Masjid Agung Al Munawwarah, Kota Jantho, Rabu (22/8/2018)

Sebelumnya, Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali dalan kutbahnya mengajak jama'ah untuk mengenang kembali kisah para Nabi dalam Al-Qur'an terutama kisah Nabi Adam AS, Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad SAW yang telah mengorbankan jiwa, keluarga dan harta untuk menunaikan perintah Allah SWT.

Selain itu, Bupati Aceh Besar juga mengingatkan bahwa hari yang mulai ini merupakan kesempatan paling baik untuk saling berbagi kepada yang kurang mampu. "Harapannya kepada pejabat dan pegawai pemerintah serta masyarakat untuk terus dilakukan peningkatan berkurban karena manfaatnya tidak hanya bagi yang berkurban tapi juga bagi yang kurang mampu," demikian Mawardi Ali.

Penulis:Mariadi
Kode:47
Rubrik:Aceh Besar

Komentar

Loading...