Sekda Kota Sabang Zakaria

Buka Sosialisasi Gampong Sadar Hukum

ACEHIMAGE.COM | JALALUDDIN ZKYSekretaris Daerah (Sekda) Kota Sabang Drs Zakaria MM membuka kegiatan Sosialisasi Gampong Sadar Hukum
A A A

SABANG - Dalam rangka pemahaman terhadap hukum di lingkungannya masyarakat, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sabang Drs Zakaria MM membuka kegiatan Sosialisasi Gampong Sadar Hukum, di Nagoya Inn Hotel Sabang, Kamis (13/09/18).

Dihadapan peserta sosialisasi Sekda Kota Sabang Drs Zakaria MM, mewakili Walikota Sabang mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) Sabang mendukung dan menyambut atas terselenggaranya kegiatan Sosialisasi Gampong Sadar Hukum yang dilakukan Satuan Pol-PP/WH Provinsi Aceh.

Diharapkan kegiatan tersebut dapat mewujudkan kesadaran hukum dilingkungan masyarakat, sehingga setiap anggota masyarakat dan aparat Gampong, menyadari dan menghayati hak dan kewajibannya serta mewujudkan budaya hukum dalam sikap dan prilaku yang sadar, patuh dan taat terhadap hukum.

Gampong Sadar Hukum adalah menumbuhkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat, sehingga terbentuknya budaya sadar hukum di masyarakat. Karena, sadar hukum sama dengan beragama, dengan demikian harus muncul atas dasar kesadaran sendiri, katanya.

Ditambahkannya, bahwa pembangunan dan pengembangan budaya sadar hukum, diarahkan untuk membentuk sikap dan prilaku masyarakat yang memahami hak dan kewajibannya sebagai individu dan warga negara dalam falsafah negara yaitu pancasila.

Tujuannya, agar kesadaran terhadap hukum semakin meningkat sehingga, hak azasi manusia semakin dihormati dan dijunjung tinggi sampai terwujud ketentraman dan ketertiban hukum yang berisikan kejujuran, kebenaran dan keadilan untuk mewujudkan kepastian hukum dalam masyarakat, sebutnya.

Sementara Kepala Bidang Linmas Satpol/WH Provinsi Aceh Azmanto, menyampaikan sesuai Pasal 13 dan 14 Ayat (1) poin huruf C Undang-undang Nomor.32 tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah, dijelaskan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat temasuk didalamnya, penyelenggaraan perlindungan masyarakat merupakan urusan wajib yang menjadi kewenangan Pemerintah Propinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan.

"Saya menilai kegiatan Sosialisasi Gampong Sadar Hukum, mempunyai arti yang sangat penting bila dikaitkan Dengan peran dan tupoksi suatu satuan perlindungan masyarakat," katanya.

Oleh karen itu, lanjut Azmanto penyelenggara Gampong Sadar Hukum dan perlindungan masyarakat sudah selayaknya mendapat porsi, perhatian dan dukungan yang memadai dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan.

Keberadaan Keuchik, Tuha Peut, Imum Mukim serta anggota Linmas ditengah-tengah masyarakat akan bermanfaat dan lebih bermakna bagi rakyat.

Jika Gampong aman dan tentram maka Kabupaten/kota dan Kecamatan juga ikut aman tentram hal itu tercipta jika setiap Gampong dapat menjalankan hukum di lingkungannya masing-masing, dengan didukung personel Lintas yang kini berada di Gampong, terangnya.

Penulis:Jalaluddin Zky
Kode:47
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...