Bupati Aceh Besar

Buka Kemah Seniman ke III

FOTO | ISTIMEWA.
A A A

ACEH BESAR - Sebanyak 100 peserta mengikuti kemah seniman ke 3 yang digelar Dewan Kesenian Aceh (DKA) Aceh Besar berlangsung selama 3 hari di Lhoknga mulai 26 hingga 28 Oktober 2018. Kegiatan kemah seniman ke 3 dibuka oleh Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali dan sekaligus memberikan santunan bagi 20 anak yatim, Jumat (26/10/2018) malam.

Turut dihadiri Kajari Aceh Besar Mardani SH, unsur Forkopimda Aceh Besar, Kepala SKPK, para camat, mantan Bupati Aceh Besar Dr Bukhari Daud MEd, Ketua DKA Provinsi Aceh Nurmaida Atmaja, anggota DPRK Aceh Besar, Muspika Lhoknga dan tokoh-tokoh masyarakat.

Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali, mengatakan pemerintah sangat mendukung kegiatan Kemah Seniman ini dilaksanakan, dirinya juga berencana pada hari ulang tahun Kota Jantho pada tahun depan akan mengelar Festival Seni Budaya yang pertama yang nantinya akan memperebutkan piala Bupati Aceh Besar. "Pada perebutan piala Bupati Aceh Besar, nanti akan diikuti oleh sanggar kecamatan," ujar Mawardi Ali.

Ia menambahkan, festival ini adalah salah satu cara untuk mengembangkan seni budaya di Aceh Besar yang selama ini sudah banyak yang hilang. Aceh Besar punya ciri khas seni tersendiri seperti likok pulo, ratoh talo dan alee bak jok. "Seni-seni Aceh Besar ini harus bisa berkembang dan menjadi budaya kita, selain juga di Aceh Besar memiliki Kampus Institut Seni Budaya Indonesia(ISBI) tentu ini dapat mengambil peran untuk mengembangkan seni," kata Mawardi Ali.

Ketua DKA Aceh Besar Drs Burhanuddin MA MM, menjelaskan DKA Aceh Besar ini dibentuk berdasarkan SK dari Bupati Aceh Besar, jadi sudah sewajarnya pihaknya mendukung setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah Aceh Besar. Pada kesempatn tersebut, Burhanuddin juga menyampaikan bahwa, dalam kegaitan kemah seniman ke 3 ini juga akan dibentuk pengurus DKA dewan kesenian tingkat kecamatan. "Insya Allah akan dilakukan pada saat musyawarah," ujarnya.

Sementara itu Ketua DKA Provinsi Aceh, Nurmaida Atmaja, dalam sambutannya mengapresiasi DKA Aceh Besar yang telah berhasil melaksanakan kemah seniman ini setiap tahunnya. Dirinya menyimpulkan harmonisasi dan kekompakan DKA Aceh Besar dengan pemerintah serta pelaku seni telah berjalan dengan sangat baik di Aceh Besar.

"Harmonisasi seperti ini lah yang harus terjaga serta dipertahankan oleh kita semua dengan terbangunnya suasana yang baik seperti ini, insya Allah kedepan keberadaan keseinan akan menjadi lebih bergairah dan kokoh," paparnya.

Ketua Panpel Mariadi ST MM, menyebutkan Kemah seniman yang diikuti 100 peserta dari 23 Kecamatan di Kabupaten Aceh Besar yang di pusatkan di kecamatan Lhoknga, Aceh Besar. Pada kemah seniman kali ini, selain ada pembekalan dengan berbagai teori dari sejumlah nara sumber pada malam hari juga digelar pentas seni dengan penampilan sanggar seni di Aceh Besar. Pada kemah seniman ini juga nanti akan digelar berbagai kegiatan lainnya juga termasuk membahas agenda untuk menentukan tuan rumah kemah seniman tahun depan.

Laporan:Mariadi
Kode:47
Rubrik:Aceh Besar

Komentar

Loading...