Meski Pahit dan Bau,

Buah Mengkudu Punya delapan Manfaat Baik bagi Kesehatan

FOTO | ISTIMEWABuah Mengkudu
A A A

BUAH noni atau mengkudu memiliki nama latin Morinda citrifolia dan termasuk dalam famili Rubiaceace. Meskipun baunya sangat tidak sedap, namun buah mengkudu yang sudah matang memiliki banyak manfaat untuk pengobatan dan buah yang masih mentah biasanya digunakan untuk campuran rujak.

Melansir Stylecraze, Sabtu (17/2/2018) buah mengkudu penuh dengan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan penyakit inflamasi seperti kanker, diabetes dan nyeri sendi. Antioksidan ini juga dapat mencegah anti penuaan pada kulit dan rambut. Berikut manfaat dari buah mengkudu:

Membantu mencegah kanker
Beberapa penelitian laboratorium menunjukkan bahwa buah mengkudu memiliki efek anti kanker dan bahkan membantu kemoterapi. Selain itu jus buah mengkudu dapat mengurangi risiko kanker pada perokok dan juga mencegah kanker payudara.

Buah mengkudu merupakan sumber dari beberapa molekul antiinflamasi yang sangat penting untuk menghambMeningkatkan at perkembangan penyakit seperti radang usus dan mengurangi nyeri rematik.

Baik untuk kesehatan jantung
Penelitian menemukan bahwa buah mengkudu dapat menurunkan kadar kolesterol dan dapat mengobati penyakit kardiovaskular termasuk tekanan darah tinggi, ateroskerosis dan penyakit jantung.

Membantu pengobati diabetes
Nutri dalam buah mengkudu dapat bertindak secara sinergi dengan insulin untuk membantu pengobatan diabetes.

Meningkatkan kesehatan otak
Buah mengkudu diketahui dapat mencegah sel otak mati dengan menunjang kesehatan mitokodria. Selain itu juga dapat memerangi stres oksidatif yang membahayakan neuron dan juga dapat membantu dalam perawatan depresi.

Menyehatkan kulit
Sifat analgesik pada buah mengkudu berperan besar dalam meningkatkan kesehatan kulit. Juga kaya akan asam lemak esensial yang dapat memperbaiki fungsi membran sel, sehingga meningkatkan kesehatan kulit. Sel kulit mulai mudah menyerap nutrisi dan juga mengeluarkan racun yang mungkin mengganggu fungsi sel.

Meningkatkan kesehatan pencernaan
Buah mengkudu sangat kaya vitamin A, protein, kalsium, dan zat besi - nutrisi penting untuk sistem pencernaan. Jika Anda menderita masalah pencernaan atau usus maka Anda dapat minum jus mengkudu.

Menguatkan rambut
Senyawa gliserol dan asam butirat pada buah mengkudu berperan dalam kesehatan rambut. Dan asam lemak dalam jus memperkuat folikel rambut dan membantu mengatasi masalah terkait seperti rambut rontok dan dapat ketombe.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...