BPBA Belum Tetapkan Status Tanggap Darurat

FOTO | mediaaceh.coKepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Said Rasul.
A A A

BANDA ACEH - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) belum menetapkan status tanggap darurat terhadap bencana banjir di beberapa daerah di Aceh sejak sepekan lalu. Sehingga, distribusi logistik ke daerah bencana juga belum dilakukan.

Kepala BPBA, Said Rasul mengatakan, belum ditetapkannya status tanggap darurat, karena banjir yang terjadi dinilai merupakan bencana tahunan yang rutin terjadi dan penanganannya dilakukan oleh pemerintah daerah masiing-masing.

“Untuk bantuan logistik belum, karena status di daerah belum ditetapkan tanggap darurat bencana. Itu masih dalam penanganan rutin kebencanaan. Karena ini masih menjadi kewenagan pemerintah kabupaten kota masing-masing,” kata Said Rasul ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin 9 Januari 2017.

Selain itu, kata Said Rasul, belum ditetapkannya status tanggap darurat juga dikeranakan di beberapa daerah banjirnya sudah surut, seperti di Aceh Jaya, Aceh Barat, Aceh Utara dan Aceh Barat.

“Untuk menetapkan status ada syaratnya, sudah terganggu transportasi, perekenomian secara menyeluruh. Kabupaten juga belum menetapkan, kita provinsi tidak bisa menetapkan status tanggap darurat,” katanya.

Kendati demikian, kata Said Rasul, BPBA juga telah mengirim tim ke lapangan untuk memantau langsung bagaimana kondisi di lokasi bencana banjir Aceh.

Sumber:mediaaceh.co
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...