Mengejutkan

Bom Raksasa Sisa Perang Dunia Ditemukan

FOTO | Jalaluddin ZkyBom
A A A

SABANG - Sebuah bom raksasa yang diduga sisa Perang Dunia kedua ditemukan di Sabang, Benny, operator ekscavator (beco) menemukan bom tersebut ketika sedang melakukan penggalian bahu jalan untuk penanaman pipa PSAM. Kini temuan bom sudah ditangani Polres Sabang.

Pada Senin (12/11/18) sore Benny yang sedang melakukan pekerjaan penggalian di jalan lingkar antar kota Sabang menuju dermaga Balohan, persepsinya di Jurong Ma Ie, Gampong Anoi Itam, Kecamatan Sukajaya Kota Sabang, menemukan benda bulat dengan kepalanya runcing ternyata setelah diselidiki benda tersebut merupakan bom yang diduuga sisa PD kedua.

Menurut Benn, dia melakukan penggalian berem jalan mengguna ekscavatir berukuran kecil, ketika sedang melakukan penggalian tanah ekscavator yang dioperasikan itu terbentur benda keras Benny, mengira benda tersebut merupakan karang sehingga ia beberapa kali mencoba untuk mengangkat keatas, namun tidak berhasil.

Selanjutnya Benny memanggil rekannya Zia, untuk membersihkan tanah disekitar benda tersebut agar mudah diangkat. Setelah dibersihkan Zia, menyadari bahwa benda tersebut merupakan sebuah bom yang berukuran besar dengan posisi hulu ledak menghadap ke langit.

Kemudian Benin melaporkan temuan tersebut kepada Pengawas Pekerjaan Galian PDAM Hamdani, dan dilanjutkan memberitahukan ke aparat Gampong Anoi Itam, kemudian dilaporkan ke pihak Kepolisian untuk ditindak lebih lanjuti.

Kapolres Sabang melalui Kapolsek Sukajaya Ipda Al Munir, yang terjun langsung ke lokasi menjelaskan diduga bom tersebut jenis bom terpedo peninggalan PD kedua dengan ukuran tinggi sekitar 60 cm dengan diameter 20 cm. Bahkan, dugaan sementara bom dimaksud merupakan non aktif.

Kini bom tersebut masih di lokasi temuan menunggu tim Jibom Polda Aceh untuk proses pemindahannya. Dihimbau kepada masyarakat apabila menemukan benda mencurigakan segera laporkan ke Kepolisian terdekat, apalagi temuan itu bahan peledak.

"Diharapkan kepada masyarakat apabila menemukan benda mencurigakan, segera melaporkan ke Kepolisian terdekat, apalagi menemukan benda jenis bahan peledak jangan dilakukan aksi apapun karena bisa berbahaya"., harap Ayah Mun, nama sapaan Kapolsek Sukajaya ini.

Wartawan:Jalaluddin Zky
Kode:47
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...