Boat Bawa Gas Elpiji ke Sabang Tenggelam

FOTO | IstimewaPeta Pulau Sabang
A A A

SABANG - Kapal Motor (KM) Megah Scorpion (boat) yang membawa gas elpiji ke Sabang, Aceh tenggelam di Teluk Jaboi, Sabang.

Panglima Laot (Lembaga Adat) Wilayah Jaboi, Sukajaya, Sabang Hamdan membenarkan, boat KM Mengah Scorpion kapasitas 10 gross tonage (GT) berangkat dari Banda Aceh tujuan Sabang memasok gas untuk memenuhi kebutuhan warga Sabang tenggelam.

"Memasuki kuala Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Jaboi sekira 40 meter dari lepas pantai boat tersebut dihantam ombak besar dan seketika itu boat tenggelam bersama isinya sekira pukul 03:45 WIB Minggu pagi," sebut Panglima Laot.

Lebih lanjut ia mengatakan, musibah tersebut tidak menelan korban jiwa, Nahkoda kapal bersama anak buah kapal (ABK) selamat, namun gas elpiji sampai sekarang sedang diupayakan untuk dievakuasi.

"Nahkoda bersama ABK-nya yang berjumlah empat orang selamat dan sekarang sedang diupayakan boatnya bersama isinya ditarik oleh warga secara manual," kata Hamdan dilokasi.

Panglima Laot juga menjelaskan, boat KM Mengah Scorpion yang dinahkodai Safrizal tersebut berangkat dari Pelabuhan TPI Lampulo, Banda Aceh tujuan TPI Jaboi, Sabang memasok gas elpiji untuk memenuhi kebutuhan warga Sabang sebagaimana biasanya.

"Boat tersebut saat ini diketahui murni tenggelam karena ombak besar yang sedang melanda perairan Sabang dan sekitarnya, apalagi sekarang musim timur ombaknya 2-3 meter," jelasnya.

Ada pun kapasitas muatan boat KM Mengah Scorpion sendiri meliputi, tabung gas elpiji tiga Kg dalam keadaan berisi sebanyak 560 tabung, lalu tabung Gas 12 Kg yang juga berisi sebanyak 90 tabung.

Sumber: serambinews.com
Rubrik: Aceh

Komentar

Loading...