Jessica Alba:

Bisnis Jutaan Dolar

FOTO | ISTIMEWAJessica Alba
A A A
Bayangkan semua produk itu masuk ke rumah dengan anak kecil di dalamnya. Sejak saat itu, saya ingin membuat produk ramah lingkungan yang menyehatkan dengan harga terjangkau,

LOS ANGELES - Tak hanya sukses berakting, Jessica Alba juga merupakan sosok pengusaha ulung. Perusahaannya, The Honest Company, pernah menjadikannya sebagai perempuan terkaya di Amerika Serikat.

Ide bisnisnya berawal dari ruam-ruam yang muncul di tangannya setelah menggunakan detergen bayi saat ia hamil Honor Marie Warren sembilan tahun lalu. Ia lalu mulai membaca labellabel produk pembersih yang berada di rumahnya.

“Saya baru sadar setelah membacanya, produk detergen yang saya pakai tidak sama lagi dengan yang dulu,” ujar Jessica, seperti dilansir Forbes.com.

Jessica sempat merasa frustrasi karena sebanyak 80.000 zat kimia yang berada dalam rumah tangga tidak sesuai dengan standar pemerintah.

“Bayangkan semua produk itu masuk ke rumah dengan anak kecil di dalamnya. Sejak saat itu, saya ingin membuat produk ramah lingkungan yang menyehatkan dengan harga terjangkau,” kata Jessica.

Pada 2011 pemain Fantastic Four tersebut mendirikan The Honest Company yang menjual berbagai macam perlengkapan rumah tangga. Mulai dari popok, detergen, hingga vitamin.

Produk-produk Jessica diklaim aman digunakan karena antiracun. Menjabat co-founder , ia terlibat dalam segala aspek mulai dari marketing hingga rencana bisnis.

“Investor-investor seperti General Catalyst, Lightspeed Venture Partners, dan Institutional Venture Partners mulai menanamkan investasinya di perusahaan saya,” ujar Jessica.

Dengan uang hasil kariernya sejak usia dini dan bantuan dari para investor, Jessica pun fokus mengelola perusahaannya. Perusahaan tersebut saat ini sudah memproduksi 120 jenis produk bayi.

Ia menyebutkan, pendapatan awal perusahaan ini hanya USD10 juta (Rp135 miliar) pada 2012 dan dalam dua tahun menjadi USD150 (Rp2,02 triliun).

“Angka itu sepertinya kecil dengan besarnya kesempatan yang bisa dilakukan dengan produk kami. Ini gila dan mengagumkan,” katanya.

Sebagai pengembangan The Honest Company, Jessica mendirikan The Honest Beauty pada 2015. Brand kecantikan ini memproduksi sekitar 17 produk perawatan kulit dan 66 produk tata rias berbahan alami.

“Produk-produk kecantikan ini dijual sekitar USD8 (Rp108.000) sampai USD45 (Rp607.000). Produk-produk yang dijual, di antaranya Honest Beauty Everything Primer Luminous Base, Honest Beauty Everything Tinted Moisturizer, dan Broad Spectrum SPF 20 Sunscreen,” sebut Jessica.

Dengan kerja kerasnya, Jessica pun berhasil membuktikan bahwa dirinya bukan hanya aktris yang sukses, juga seorang perempuan karier yang hebat dengan kekayaan senilai USD200 juta (Rp2,7 triliun).

Jumlah kekayaan itu mengantarkan bintang film The Killer Inside Me ini sebagai perempuan terkarya di Amerika versi majalah Forbes edisi Juni 2015. Meski pada 2016 dan 2017 ia tidak masuk dalam daftar perempuan terkaya, pendapatan Jessica masih tetap fantastis, yakni USD340 juta (Rp4,59 triliun) versi majalah Forbes

Investor-investor seperti General Catalyst, Lightspeed Venture Partners, dan Institutional Venture Partners mulai menanamkan investasinya di perusahaan saya,
Kode:47
Sumber:sindonews.com
Rubrik:Infotainment

Komentar

Loading...