Gubernur DKI Anies Baswedan

Bisa Tunjuk Langsung Direksi BUMD

FOTO | BeritaSatu.comGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
A A A

JAKARTA - Gubernur DKI Anies Baswedan mengakui mengubah salah satu poin dalam peraturan gubernur (Pergub) No 5/2015 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Direksi BUMD dan Perusahaan Patungan. Perubahan di dalamnya mengatur kewenangan gubernur dalam menunjuk langsung calon perseorangan menjadi direksi.

Sekalipun begitu, Anies menegaskan, penunjukan langsung tetap dilakukan melalui panitia seleksi (pansel) terhadap kompetensi sosok yang dimaksud, "Tetap ada panitia seleksi. Ada review. Ada review atas kompetensi semuanya disiapkan," kata Anies, di Balai Kota Jakarta, Jumat (27/4).

Anies tidak memberi penjelasan rinci atas pertimbangan dari perubahan poin yang memayungi kebijakan gubernur menunjuk langsung direksi. Dia hanya menegaskan proses penunjukan langsung dilakukan secara selektif.

Anies juga memberi penjelasan diplomatis bahwa BUMD harus dikelola secara profesional mengikuti asas pemerintahan yang baik (good governance).

"Prinsipnya adalah kita akan kelola BUMD kita dengan profesional, dengan baik, kemudian prinsip-prinsip good governance juga diterapkan di situ," kata Anies.

Kode:47
Sumber:beritasatu.com
Rubrik:Nasional

Komentar

Loading...