Sering Liburan

Bisa Memperpanjang Usia dan Perbaiki Kualitas Hidup

FOTO | pixabay.com.
A A A

MENJALANI kehidupan sehari-hari sebagai orang dewasa, adalah sesuatu yang sulit. Setiap hari, tantangan yang harus kita hadapi berbeda-beda. Entah itu seputar karier dan pekerjaan, seputar hubungan percintaan, pertemanan dan relasi, keluarga, hingga masalah keuangan.

Di tengah himpitan kesibukan dan stres yang melanda, banyak orang yang mencoba untuk sejenak beristirahat dan menggunakan waktu istirahat tersebut untuk berlibur.

Nyatanya, tahukah Anda sebagaimana diwarta Bustle, Selasa (4/9/2018) salah satu manfaat kesehatan dari berlibur dan berjalan-jalan yakni usia harapan hidup yang lebih panjang. Kebiasaan perawatan diri harian seperti olahraga dan cukup tidur adalah cara yang bagus untuk mengelola beban stres dan membantu kita hidup lebih lama, hidup lebih sehat secara keseluruhan.

Menurut sebuah studi lanjutan berdasarkan temuan dari Studi Pengusaha Helsinki, studi 40 tahun yang melacak faktor risiko kardiovaskular pada 1222 pengusaha, liburan itu bukan hanya kemewahan tapi sifatnya sangat penting untuk kualitas hidup dan umur yang panjang.

Menurut laporan CNBC, studi Pengusaha Helsinki tersebut menyertakan dua grup. Grup pertama, grup kontrol para peserta studi yang berjenis kelami laki-laki disebutkan menjalani hidup mereka sesuai kebiasaan kesehatan di antaranya dengan menerima perawatan medis standar.

Sedangkan grup yang kedua, grup intervensi, diketahui diberi saran bagaimana cara meningkatkan kesehatan dengan cara berhenti merokok, memperbaiki pola makan, dan mulai berolahraga. Akan tetapi, menariknya terlepas dari penyesuaian gaya hidup ini, kelompok intervensi disebutkan masih memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi daripada kelompok kontrol jika mereka bekerja super keras, kurang tidur, dan melewatkan waktu untuk berlibur.

Senada dengan hasil studi di atas, Professor Timo Strandberg dari University of Helsinki, Finlandia mengatakan bahwa memang liburan itu adalah cara yang baik untuk melepaskan diri dari stres.

"Jangan berfikir dengan memiliki gaya hidup yang sehat bisa menjadi kompensasi dari bekerja yang sangat keras hingga tidak mengambil waktu untuk sekedar berlibur," jelas Timo.

Nah, jika Anda mungkin termasuk kategori orang yang masih ragu untuk berlibur karena merasa tidak memiliki dana yang cukup. Well, sejatinya rehat sejenak dari pekerjaan sehari-hari dan berlibur itu tidak selalu mahal dan menyita banyak biaya. Sebab, Anda tidak melulu pergi berlibur mahal ke pantai atau pelesiran mewah ke luar negeri.

Berlibur dengan menghabiskan libur akhir pekan yang panjang dengan beristirahat santai di rumah, pergi makan di restoran favorit, atau sekedar tidur siang dengan hewan peliharaan di rumah sah-sah saja untuk dilakukan. Selama, saat berlibur ini Anda betul-betul mengistirahatkan pikiran serta mental dari kesibukan sehari-hari. Dengan ini kesehatan dan kesejahteraan diri akan menjadi lebih baik dalam jangka panjang.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...