Keseringan Konsumsi Makanan Cepat Saji

Bikin Perempuan Tidak Subur?

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

Data kami menunjukkan perempuan yang sering mengonsumsi fast food bisa tertunda kehamilannya. Karena itu, perubahan kecil dalam pola makan bisa meningkatkan kesuburan,

Jessica Grieger Peneliti dari University of Adelaide Australia

LADIES, jika kamu ingin cepat hamil sebaiknya jangan menyantap makanan cepat saji. Meski rasanya enak dan bikin kenyang, dampaknya bisa memicu gangguan kesuburan.

Aneka jenis makanan cepat saji seperti pizza, burger, ayam goreng, kentang goreng, hingga minuman bersoda sangat berdampak buruk. Pastikan makanan jadi musuh utama yang harus dijauhi.

Berdasarkan penelitian terbaru yang dimuat di jurnal Human Reproduction, perempuan yang doyan makan fast food, ternyata memiliki risiko kemandulan tinggi hingga mencapai 16%. Studi itu juga mendapati 12% perempuan yang jarang makan buah, risiko kemandulannya bisa meningkat hingga 12%.

"Data kami menunjukkan perempuan yang sering mengonsumsi fast food bisa tertunda kehamilannya. Karena itu, perubahan kecil dalam pola makan bisa meningkatkan kesuburan," kata Jessica Grieger peneliti dari University of Adelaide, Australia.

Dia menambahkan, diet sehat sangatlah penting dilakukan sebelum hamil dan pada masa kehamilan. Karenanya, perempuan yang sering makan fast food dan jarang makan buah-buahan, bisa lebih susah melahirkan bayi usai menikah. Hal ini berbeda halnya dengan mereka yang rajin mengomsumsi makanan sehat.

"Perbandingannya, perempuan yang makan buah kurang dari tiga kali sebulan, bisa satu bulan setengah lebih lama hamil daripada mereka yang rajin makan buah-buahan," tambahnya.

Kemudian, perempuan yang mengonsumsi fast food sebanyak empat kali dalam seminggu, butuh waktu lebih lama satu bulan bisa hamil.

Grieger bersama timnya meneliti data 5.598 perempuan hamil di Australia, Selandia Baru, Inggris, dan Irlandia. Mereka ditanyai seputar kebiasaan makan beberapa bulan sebelum hamil.

Nah, bagaimana menurutmu Ladies dengan adanya temuan ini. Lebih baik kamu menghindari makanan cepat saji atau makanan instan dalam kemasan. Banyak kandungan zat kimia dan lemak buruk, yang bikin kamu akan obesitas dan kesuburanmu terganggu.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...