Lima Destinasi Ini

Bikin Pelancong Makin Kenal Flora dan Fauna Asli Indonesia

FOTO | ISTIMEWATaman Nasional Lorentz
A A A

SIAPA yang tahu hari ini bertepatan dengan peringatan apa? Ya! Setiap 22 Mei, tepatnya hari ini merupakan Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia atau kalau nama Inggrisnya World Biodiversity Day. Diperingatinya keanekaragaman hayati tersebut bertujuan untuk menumbuh kembangkan cinta masyarakat bumi agar lebih melestarikan keanekaragaman hayati yang ada.

Indonesia sendiri termasuk negara kepulauan yang memiliki keanekaragaman hayati cukup kaya. Bagaimana tidak, tanah air kita ini memiliki hutan dan laut yang cukup luas, dihuni oleh beragam flora dan fauna.

Nah, dalam rangka memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia yang jatuh pada hari ini, yuk masukkan daftar taman nasional berikut ke tujuan liburanmu. Sebab, ada banyak manfaatnya lho mengunjungi taman nasional, selain bisa menyegarkan pikiran, juga bisa mengenal banyak tanaman dan binatang khas Indonesia.

Taman Nasional Bunaken
Taman Nasional Bunakan jadi salah satu tempat yang memiliki ekosistem beragam, mulai dari laut hingga hutannya. Bunaken memang lebih terkenal dengan pemandangan bawah lautnya, karena terdapat dinding karang vertikal yang mengesankan dan sebagian besar dihuni oleh berbagai karang, spons, dan moluska, tentu tidak ketinggalan ikan-ikan yang cantik. Maka, tidaklah heran jika Bunaken memiliki 20 titik penyelaman populer dengan beragam pemandangan, tingkat kesulitan, dan kedalaman. Pada daratannya, ada pohon-pohon palem yang rimbun, pohon kelapa, dan spesies endemik rusa, kera dan beruang.

Taman Nasional Kerinci Seblat
Taman Nasional ini luasnya mencakup empat provinsi di Sumatera, termasuk Gunung Kerinci. Ada lebih dari 4.000 spesies tanaman, termasuk bunga Rafflesia Arnoldi dan bunga Titan Arum. Taman Nasional Kerinci Seblat juga merupakan habitat alami dari spesies liar yang dilindungi, seperti harimau, badak, dan beragam burung.

Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor hingga kini masih memiliki tempat di hati warga Jakarta ketika musim liburan tiba. Dalam lokasi Kebun Raya Bogor ada beragam flora yang ditanam, jaga, dan rawat, di antaranya berbagai tanaman obat, seperti asam, pule, sintok, dan pulai pipit, ada juga tapak dara, kuwalot, dan tempuyung, tanaman lainnya pun turut menghuni Kebun Raya Bogor, yaitu pohon tertinggi di Asia Tenggara dari spesies Menggeris yang bisa tumbuh lebih dari 80 meter dan akar yang besar, bunga anggrek, bunga lili canna, tunas tanaman pakis, bunga lotus, dan masih banyak yang lainnya.

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone
Taman nasional ini berada di Sulawesi Utara dan menjadi salah satu taman yang paling jarang dikunjungi oleh wisatawan. Padahal, Taman Nasional Bogani Nani Wartabine memiliki ekosistem yang dihuni oleh flora dan fauna langka dan endemik, seperti pohon durian, pala, buah ara, babi rusa, anoa, dan masih banyak yang lainnya.

Taman Nasional Lorentz
Taman Nasional Lorentz merupakan kawasan yang dilindungi terluas di Asia Tenggara dan sudah masuk dari bagian situs warisan dunia UNESCO. Kawasan taman nasional ini terdiri dari ekosistem laut, dataran rendah, hingga gunung berselimut salju, yang juga tertinggi di Indonesia.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...