Bupati Aceh Mawardi Ali

Besar Buka Advokasi dan Sosialisasi Kampanye Imunisasi Measles Rubella

FOTO | MariadiBupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali membuka advokasi dan sosialisasi kampanye imunisasi Measles Rubella tingkat Kabupaten Aceh Besar. di Hotel Hijrah, Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya.
A A A

ACEH BESAR - Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali advokasi dan sosialisasi kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) tingkat Kabupaten Aceh Besar. Kegiatan yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) berlangsung sehari di Hotel Hijrah, Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Kamis (28/6/2018).

Bupati Aceh Besar dalam sambutannya menegaskan tiga hal penting yang sedang diupayakan secara maksimal di bidang kesehatan oleh pemerintah melalui dinas kesehatan antara lain, peningkatan pelayanan yang optimal di Puskesmas-puskesmas regional, pencegahan kematian ibu dan bayi pasca melahirkan serta pencegahan penyakit menular di Aceh Besar. "Untuk itu kampanye imunisasi MR sangat penting untuk mencegah secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak/ measles dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai 15 tahun," ujar Mawardi Ali.

Dikatakanya, kampanye imunisasi MR yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus - September 2018 di seluruh wilayah Pulau Sumatera (termasuk Aceh), Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Untuk itu, agar program nasional ini dapat berjalan dengan lancar, terintegrasi dan terkoordinasi dengan baik, dengan lokasi dan sasaran kelompok umur yang tepat, tentu Dinas Kesehatan tidak mungkin bekerja sendiri tanpa dukungan lintas sektor dan lintas program terkait. "Saya berharap semua sektor dapat berperan secara aktif dalam kegiatan tersebut sehingga pelaksanaan kampanye MR dapat berjalan lancar dan sukses sebagaimana harapan kita bersama," pungkasnya.

Dihadapan jajaran Dinkes Aceh Besar, Bupati Mawardi Ali mengatakan penting sekali memberikan pemahaman dan pembelajaran kepada masyarakat agar selalu berprilaku hidup sehat dan menjaga lingkungan yang bersih. "Berikan edukasi dan tingkatkan kepercayaan agar bersama-sama dapat mewujudkan masyarakat Aceh Besar yang sehat dan lingkungan yang nyaman," pungkas Mawardi Ali.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar, Lukman SKM MKes, dalam lapornya menyebutkan kegiatan yang diikuti 80 peserta terdiri dari para camat, dokter rumah sakit umum daerah, kepala Puskesmas, organisasi bidan, dokter, perawat, SKPD terkait, dan unsur TNI/Polri. Sosialisasi tersebut disampaikan oleh Ketua Pokja Kejadian Insiden Pasca Imunisasi Dinkes Aceh Besar, dr Aslinar SpA Biomed sebagai fasilitator.

Menurut Plt Kadis Kesehatan Aceh Besar, sosialisasi ini sebagai bekal teknis untuk dilaksanakan di tingkat kecamatan nantinya dengan melibatkan perangkat desa, kader kesehatan, elemen gampong lainnya agar pencegahan dan upaya penanganan kesehatan tercapai serta hadir langsung di tengah-tengah masyarakat. "Pelaksanaan imunisasi di Aceh Besar dengan sasaran 113.947 orang anak usia 9 bulan hingga 15 tahun dengan menempatkan 1.300 pos pelayanan di desa (gampong-red) dan sekolah. Semoga imunisasi nantinya sukses dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," demikian Lukman MKes.

Penulis:Mariadi
Kode:47
Rubrik:Aceh Besar

Komentar

Loading...